Seminar dan Lokakarya HMJ S1 PBAS; Mahasiswa Harus Bangun Kepercayaan Diri Lewat Industri Perbankan

(Suasana Seminar dan Lokakarya HMJ S1 Perbankan Syariah)

lpminvest.com­- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) S1 Perbankan Syariah (PBAS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang mengadakan Semiloka (Seminar dan Lokakarya) Nasional di Gedung Teater Soshum Lantai 3, pada Senin (8/5/2023). Semiloka Nasional ini akan diadakan selama 2 hari yaitu hari senin dan kamis mendatang.

Seminar Nasional ini mengusung tema “Membangun Kepercayaan Diri Melalui Industri Perbankan Dalam Menyongsong Karir di Masa Depan”. Dalam tema tersebut diharapkan dengan adanya acara ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa S1 PBAS.

Kinto Tri Hamda selaku ketua panitia menyampaikan tujuan diadakannya seminar lokakarya nasional yaitu untuk menambah bekal dan kepercayaan diri bagi mahasiswa

Muyassarah selaku Sekretaris Jurusan S1 PBAS dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya acara ini diharapkan mahasiswa tidak ada keraguan lagi mengenai keberadaan Lembaga keuangan syariah.

“Tema ini membangkitkan kepercayaaan diri saudara karena banyak masyarkat khususnya mahasiswa perbankan syariah kepercayaan dirinya belum ada dihatinya. Pesan dari Bapak Wakil Dekan (WD) 3, harapannya lebih ditingkatkan lagi kegiatan seperti ini supaya bisa ke tingkat internasional serta pak WD 3 menghendaki dan akan di support oleh anggaran,” tutur muyassarah dalam sambutannya.

Seminar kali ini mendatangkan narasumber Noor Hafid dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Ganis Ayu  dari Bank Syariah Indonesia

Ahmad Badawi selaku Demisioner Ketua HMJ S1 PBAS berpesan agar mahasiswa tidak hanya belajar mengenai pengetahuan tetapi juga kita belajar melalui pengalaman.

“Pesan saya mahasiswa tidak hanya belajar mengenai pengetahuan tetapi juga kita belajar melalui pengalaman dan pengalaman itu tidak harus kita yang melakukan melainkan presentasi dari orang lain itu bisa kita ambil dari sisi positifnya untuk masa depan nanti,” ujar Badhawi.

Noor Hafid selaku pemateri pertama, mengenai bagaimana menggali kreditabilitas dan kapabilitas sumber daya manusia guna menghadapi persaingan di era digitalisasi yang dimana trend transaksi keuangan digital meningkat, diikuti dengan penutupan kantor cabang dan ATM Perbankan. Disaat pandemi, aktivitas keuangan yang dilakukan dengan digital banking mengalami peningkatan.

Pada materi kedua, yang disampaikan oleh Ibu Ganis Ayu mengenai Strategi Eksplorasi Karir dalam perbankan supaya mampu memahami kepribadian diri kita sendiri serta upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang bertujuan supaya SDM pada bidang perbankan ini dapat berperan penting dalam pertumbuhan bisnis dan mutu pelayanan.

Terakhir, acara ditutup dengan penyerahan hadiah dan foto Bersama. Acara ini memiliki kesan tersendiri bagi para pesertanya.

“Seru sih, tidak membosankan dan biasanya kalau acara seminar kaya gini ngantuk tapi ini ngga sama sekali tetapi sayang durasinya kurang lama ya,” ujar Dewi Malihatul Mahasiswa S1 PBAS. Azkiya&Laila_[i]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.