Festival Pasar Sehat UMKM Kecamatan Ngaliyan, Wadah Kolaborasi Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bersama KitaZone

(Mahasiswa KKN RdR Kelompok 11 terlihat sedang menawarkan produk jualannya)
(Mahasiswa KKN RdR Kelompok 11 terlihat sedang menawarkan produk jualannya)
(Mahasiswa KKN RdR Kelompok 11 terlihat sedang menawarkan produk jualannya)

lpminvest.com- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler dari Rumah (KKN RdR) UIN Walisongo Semarang berkolaborasi dengan UMKM KitaZone dalam Festival Pasar Sehat UMKM Ngaliyan. Festival ini digelar oleh Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro di halaman Kantor Kecamatan Ngaliyan, Sabtu-Minggu (30-31/10/2021).

Anggota Kelompok 11 KKN RdR ke-77 UIN Walisongo turut serta membantu UMKM KitaZone dalam menjual produk-produknya. Selain itu, mereka juga menjual produk buatan sendiri, diantaranya sabun cuci piring bermerek ‘Sebilas’, jus jambu biji, dan es teh.

Kontribusi mahasiswa KKN UIN Walisongo di festival ini sebagai bagian dari program kerja bidang kewirausahaan dan wadah berlatih ilmu bisnis lewat UMKM.

“Pengalaman berkolaborasi dengan KitaZone ini adalah pelajaran yang sangat berharga buat kami. Sekarang kami sedang dalam masa KKN, ini menjadi program kerja nyata bidang kewirausahaan bagi kami. Dalam acara itu kami belajar banyak hal seperti marketing, menjadi EO, membantu produksi, distribusi, dan penjualan. Bahkan sampai laporan keuangan hasil penjualan,” ungkap Rifki Priatna selaku koordinator kelompok 11 KKN RdR.

Maratul Jamila, pegiat program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Perumahan Pondok Ngaliyan Asri menyampaikan sudah seharusnya menciptakan kader-kader penerus yang kreatif, inovatif, serta proaktif melalui UMKM dari generasi muda.

“Utamanya dari kalangan mahasiswa agar menjadi generasi yang mandiri dan tangguh,” terangnya.

Melalui UMKM yang ia dirikan di bawah naungan program Permata (Perempuan Mandiri dan Tangguh) Hebat Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Semarang, KitaZone juga menjadi sanggar kreatif sebagai wadah pelatihan-pelatihan pemberdayaan perempuan.

Produk yang dijual UMKM KitaZone antara lain tepung serbaguna Kitazone, kebab, risoles ayam dan telur, salad buah dan sayur, serta produk kekinian lainnya.

“Saya sangat senang bisa bekerjasama dengan mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang dalam festival ini. Dengan begitu, saya bisa berbagi ilmu mengenai cara memasak makanan kekinian, cara kita untuk berbisnis, juga teknik marketingnya,” pungkas ketua UMKM KitaZone itu. [i]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *