Home / NEWS / 3.844 Genwa Semarakkan PBAK UIN Walisongo

3.844 Genwa Semarakkan PBAK UIN Walisongo

IMG-20170821-WA0020

lpminvest.com – Generasi Walisongo (Genwa) 2017 UIN Walisongo Semarang mengikuti upacara pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dengan tema besar “Meneguhkan Integritas Mahasiswa dalam Upaya Memperkokoh NKRI”. Bertempat di lapangan sepakbola Kampus III UIN Walisongo Semarang.

Berdasarkan peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4962 tahun 2016, PBAK merupakan perubahan orientasi pengenalan akademik (OPAK) sebagaimana yang telah berlangsung pada tahun sebelumnya.

“Ini merupakan BPAK pertama kalinya. PBAK ini menjadi permulaan, langkah pertama untuk meraih kesuksesan dan keberhasilan di UIN Walisongo,” tutur Suparman selaku Wakil Rektor III. Senin, (21/08/2017).

Upacara pembukaan PBAK dimulai pada 08.30 WIB ditandai pemukulan gong sebanyak sembilan kali dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh Wakil Rektor I , II, III, segenap civitas akademika beserta Presiden Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA).

Suparman, menambahkan dalam sambutannya bahwa UIN Walisongo merupakan universitas Islam terbesar di Indonesia. Sesuai namanya, UIN Walisongo mengandung amanat untuk mengamalkan ajaran Walisongo.

“Mahasiswa UIN Walisongo harus paham dan mengerti siapa Walisongo. Dan mampu menjadikan dirinya (mahasiswa) sebagai pejuang untuk mendakwahkan kebaikan seperti yang dilakukan oleh para Walisongo” tambahnya.

Dalam pembacaan laporan, Wahyudi menyatakan bahwa PBAK kali ini diikuti oleh 3.844 mahasiswa dari delapan fakultas; Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri 637 mahasiswa; Fakultas Syariah dan Hukum 609 mahasiswa; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 781 mahasiswa dan Fakultas Ushuludin dan Humaniora terdiri dari 435 mahasiswa.

Adapun Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari 547 mahasiswa. Sedangkan dari fakultas baru, yaitu Fakultas Sosial dan Politik  181 mahasiswa; Fakultas Psikologi dan Kesehatan 217 mahasiswa; Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari 437 mahasiswa. (Amimah/Ghozali_[i])

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*