UNBK 2017 Prioritaskan Kejujuran

Ujian Nasional Berbasis Komputer. Doc. http://news.liputan6.com
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Doc. http://news.liputan6.com

lpminvest.com– Semarang- Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu indikator terpenting dunia pendidikan di Indonesia. Tahun 2017 UN akan dilaksanakan pada 4 April mendatang, Sebagaimana sebelumnya, UN dilaksanakan dengan sistem berbasis komputer atau yang dikenal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Salah satu sekolah yang sudah melaksanakan sistem UNBK ini adalah SMA N 8 Semarang. SMA ini telah menerapkan sistem ujian berbasis komputer sejak dua tahun terakhir.

“Sekolah kami sudah 99% siap dalam menghadapi UNBK tahun 2017. Dari segi fasilitas komputer, SDM maupun antisipasi lainnya apabila nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.” Ujar Dwi Hardiko selaku Kasubag kurikulum SMA N 8 Semarang. Selasa, (14/03/2017).

UNBK kali ini dibagi menjadi tiga gelombang yang diikuti sebanyak 304 siswa. Terbagi menjadi tiga ruangan, yang mana masing-masing terdiri dari 40 siswa dan 40 komputer.

Pada UNBK tahun ini, terdapat banyak perbedaan dibandingkan tahun lalu. UNBK tahun ini dinilai lebih sederhana. Hal ini dikarenakan siswa tidak perlu menginputkan data diri mereka. Sedangkan pada tahun 2016 UNBK di SMA N 8 masih terdapat kesulitan, dikarenakan harus menyeimbangkan antara SDM juga fasilitas yang tersedia.

Tidak hanya dilihat dari segi nilai maupun sistem yang digunakan, akan tetapi juga etika kejujuran dari semua siswa. Selain itu, pihak sekolah juga mengharapkan agar peringkat UNBK tahun ini meningkat lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kami dari pihak sekolah tidak merasa khawatir karena siswa dari kelas sepuluh sudah diajarkan pentingnya menanamkan nilai kejujuran.” tambahnya kepada kru lpminvest.com

Senada dengan Kasubag kurikulum SMA N 8 Semarang, para siswa juga tidak merasa keberatan dengan diadakannya sistem UNBK tahun ini.

“Kami siap menghadapi UNBK tahun ini, karena kami telah dibekali oleh sekolah pentingnya etika kejujuran juga simulasi UNBK. Punbegitu, adanya tambahan pelajaran di luar jam belajar.” Ungkap Oca, salah satu siswi SMA N 8 Semarang. Hal senada juga diungkapkan Oktaviani (18), siswi SMA N 8 yang juga menjadi salah satu peserta UNBK tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.