Home / NEWS / Sang Pembawa Risalah

Sang Pembawa Risalah

Judul buku                    : Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim

Penulis                         : Salim A. Fillah

Penerbit                       : Pro-U Media

Tahun terbit                 : 2007

Jumlah halaman           : 436 hlm

Resensor                     : Ahmad Baharuddin

 

Awal cerita dalam buku ini langsung menuju ke sejarah Nabi Muhammad, dimana tokoh zaman dahulu yakni Abu Jahl sebagai pembuka cerita dalam buku ini, dalam cerita bahwa nama asli dari Abu Jahl adalah Amr ibn Hisyam hanya saja Abu Jahl adalah sebutan untuknya karena ia lebih terkenal di kalangan orang beriman sebagai Abu Jahl.

Amr ibn Hisyam adalah satu diantara sedikit penduduk Makkah yang pandai baca tulis, fasih dalam sastra, banyak harta, hidup elegan dan cerdas. “Tapi mengapa ia terkenal dengan sebutan Abu Jahl?” dia tidak mungkin menamai anaknya sebagai Jahl, si bodoh. Kata itu begitu identik dengan buta huruf, tidak kenal etika dan biadab. Hal-hal yang justru tidak ada pada diri Amr ibn Hisyam. Tetapi dia adalah Abu Jahl, si biang kejahiliyahan.

Dalam sejarah perjalanan dakwah para Rasul dan orang-orang yang mengikuti mereka, jahiliyah telah menemukan jati dirinya sebagai penyakit yang menjangkiti keyakinan. Ia adalah rabun yang mengacaukan pandangan terhadap hakikat kehidupan, kemanusiaan dan peribadahan.

Nabi Muhammad yang diutus membawa risalah ini saat penduduk Arab hanya bisa menikmati kerontangnya tetandusan Hijaz, Tihamah dan Najd. Sebagai Al-Amin, manusia terpercaya dari suku yang paling terpandang, yang telah sukses menyelesaikan sengketa berdarah Hajarul Asward, dengan mudah Muhammad bisa mengobarkan nasionalisme Arab melawan dua imperialis ini dan muncullah bangsa baru penguasa bumi.

Muhammad tinggal di tengah ketimpangan ekonomi, penindasan, perbudakan dan kesewenang-wenangan golongan kuat atas golongan lemah. Nabi Muhammad muncul di tengah bangsa yang akhlak-nya sedang terjatuh ke lembah nista. Sebagai Al-Amin berakhlak mulia dari suku paling terpandang, dia sangat kredible untuk mengampanyekan perbaikan moral yang pasti akan disambut orang-orang bernurani bersih yang selama ini low profile tetapi tetap mulia di tengah kaumnya.

Nabi Muhammad SAW, justru memulainya dari jalan yang rawan. Cukup dua kalimat namun penuh penentangan, “Laa Ilaaha Illallaah Muhammadur Rasuulullah”. Revolusi peradapan manusia pun bermula. Maka, saksikanlah keajaiban dari dua kalimat itu .(hal :109)

Buku berjudul “Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim” merupakan buku yang sangat cocok untuk dibaca oleh orang muslim, di dalam buku ini banyak motivasi hidup yang didapat. Buku yang mengandung cerita Nabi Muhammad dan para sahabat Nabi yang bisa diteladani oleh setiap manusia, khususnya orang muslim yang wajib meneladani sifat-sifat Nabi, Nabi yang diutus oleh Allah Swt. dan para sahabat-sahabat Nabi.

Perjuangan seorang Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah untuk menyebarkan agama Islam dan dibantu oleh para sahabat-sahabat. Dimana rasa keberanian seorang Nabi yang wajib diteladani oleh setiap muslim, dan kesetiaan para sahabat yang selalu membantu dan menemani Nabi ketika berdakwah.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena dilihat dari sampul buku yang begitu menarik dari mulai gambar yang di buat untuk sampul yang bikin orang penasaran untuk membacanya dan juga tata letak penulisannya sudah tepat sehingga enak dibaca oleh pembaca.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*