Home / NEWS / Akibat Pandemi, Cabor MQK ORSENIK 2021 Dilaksanakan Secara Daring

Akibat Pandemi, Cabor MQK ORSENIK 2021 Dilaksanakan Secara Daring

(Muhammad Labib Sedang Mengumumkan Juara 1,2, dan 3)

(Muhammad Labib Sedang Mengumumkan Juara 1, 2, dan 3)

lpminvest.com- Perlombaan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) Orientasi Olahraga, Seni, Ilmiah, dan Keterampilan (Orsenik) tahap dua yang dilaksanakan pada Rabu, (10/11/2021). Perlombaan dilaksanakan secara daring menggunakan media Zoom Meeting dengan alasan pandemi.

Kitab yang digunakan adalah kitab Fathul Qorib, peserta diwajibkan untuk memilki kitab tersebut. Ada tiga aspek penilaian yaitu membaca dan memahami teks, munaqosah fiqhiyah, serta qowaid nahwiyah dan sorfiyah. Bab yang diperlombakan yaitu bab buyu’ (jual beli) dan bab nikah. Dewan juri merupakan senior dari UKM U Nafillah yaitu Muhammad Yusuf Alfaruq’ yang juga dosen dari kampus lain.

“Mengapa menggunakan kitab fathul qarib karena sudah terkenal dan bisa dikatakan masyhur serta banyak dipelajari oleh para santri, dan karena pesertanya merupakan angkatan 2020 dan 2021 sehingga memudahkan untuk mereka,” ungkap Muhammad Labib selaku penanggung jawab (PJ) cabor MQK.

Juara satu pada perlombaan MQK ini diraih oleh Imam Akmal dari FST dengan total nilai 91. Juara dua diraih Faza Nailil dari  FUHUM total nilai 90. Serta juara tiga diraih oleh Muhammad Hanif Annasahi dari FEBI dengan total nilai 88.

Selain itu, Salwa Azizah salah satu PJ cabor MQK mengatakan bahwa masing-masing juara akan mendapatkan hadiah.

“Untuk pemenang akan mendpatkan hadiah dari DEMA universitas berupa medali dan sertifikat, untuk medali ada emas, perak, dan perunggu serta masing-masing mendapatkan sertifikat,” ujarnya.

Faza Nailil mengungkapkan nuansa orsenik kali ini hampir sama seperti class meeting sewaktu di SMP/SMA. Ia juga mengungkapkan rasa senangnya atas prestasi yang sudah didapatkan pada orsenik kali ini.

“Saya sangat senang dan merupakan suatu kehormatan bisa mewakili FUHUM dalam perlombaan cabor MQK. Alhamdulillah mendapat juara 2 pada orsenik tahun ini hal tersebut jauh dari ekspektasi saya. Walaupun cabor perlombaan MQK dilaksanakan secara online, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat dan antusias para peserta maupun suporternya,” ujar Faza ketika diwawancara. [i]

Penulis: Daffa Jilham Assraf, Ahmad Sidiq Shaifullah, Ahmad Thoriq Khairullah (Kru Magang LPM Invest)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*