Home / NEWS / Pemanfaatan Desain sebagai Ruang Informasi, Pagelaran Nasional HMJ S1 Perbankan Syariah UIN Walisongo

Pemanfaatan Desain sebagai Ruang Informasi, Pagelaran Nasional HMJ S1 Perbankan Syariah UIN Walisongo

(Panitia dari HMJ S-1 Perbankan Syariah UIN Walisongo foto bersama setelah berakhirnya acara)

(Panitia dari HMJ S-1 Perbankan Syariah UIN Walisongo foto bersama setelah suksesnya acara)

lpminvest.com- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perbankan Syariah UIN Walisongo mengadakan acara Pelatihan Desain Grafis dan Videografis. Acara berskala nasional itu mengangkat tema “Pemanfaatan Desain sebagai Ruang Informasi” pada Minggu, (17/10/2021). Melalui Zoom Meeting, acara ini bertujuan untuk memaksimalkan media informasi serta menambah wawasan kepada peserta dari kalangan mahasiswa.

Alasan diangkatnya tema ini agar mahasiswa dapat memaksimalkan penggunaan  media dan informasi secara tepat, khususnya di bidang desain grafis dan videografis. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan Reza selaku Ketua Panitia.

“Karena belum banyak yang mengadakan acara tentang pelatihan desain grafis dan videografis. Karena itulah kami mengangkat tema tersebut agar harapannya, kita dapat memaksimalkan media untuk informasi,” ungkapnya.

Desain grafis merupakan proses yang digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan elemen visual seperti tipografi ataupun ilustrasi gambar. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mengetahui pesan yang ingin disampaikan oleh desainer.

“Desain grafis menurut aku itu hanya terdiri dari 3 hierarki. Ketiganya yaitu attract menarik, intrik mengubah rasa keingintahuan mereka, serta pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca,” ucap Muhamad Zaki selaku pemateri pada acara ini.

Tiga hierarki ini tidak akan berjalan tanpa adanya komponen pendukung. Komponen-komponen tersebut antara lain warna, ukuran, serta tulisan maupun gambar dan hal lainnya.

“Komponen-komponen tersebut yang pertama warna, pilih warna yang cerah seperti kuning atau warna-warna solid agar menarik perhatian pembaca. Kedua size, sangat berpengaruh dengan apa yang akan disampaikan seperti  pesan melalui tulisan maupun gambar. Terakhir layout, pastikan layout yang digunakan tidak membuat bingung pembaca agar pesan yang di sampaikan bisa terbaca. Jadi, pusatkan  desain dari atas ke bawah,” terang Zaki.

Pemula tidak perlu khawatir dalam mendesain karena sudah banyak platform yang dapat dimanfaatkan dengan mudah.

“Bagi para pemula, mendesain bisa melalu Photopea, Gravit Designer, dan Canva. Di dalamnya sudah tersedia tools-tools yang bisa digunakan dimana akan mempermudah kita dalam mendesain,” jelasnya. Alifah_[i]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*