OPINI  

5 Inovasi Fitur Impian yang Bisa Diterapkan pada M-Banking Bank Syariah

Sumber: Penulis

Dalam transformasi keuangan modern, M-Banking Bank Syariah telah menjadi tonggak penting dalam maemahami kebutuhan finansial masyarakat. M-Banking, atau mobile banking, adalah sebuah terobosan revolusioner yang memungkinkan nasabah untuk mengelola keuangan mereka di ujung jari, sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan syariah. Saat ini, hampir seluruh nasabah bank mengandalkan aplikasi keuangan ini untuk menjalankan berbagai transaksi, menjadikan kegiatan perbankan lebih personal, cepat, dan sesuai dengan gaya hidup modern.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan manusia terhadap layanan keuangan semakin berkembang pesat. Masyarakat modern membutuhkan aksesibilitas, kenyamanan, dan kecepatan dalam menjalankan transaksi sehari-hari mereka. Maka dari itu dibutuhkan sebuah inovasi untuk menjawab berbagai tantangan tersebut. Saat ini, inovasi dalam fitur M-Banking menjadi semakin krusial untuk mendukung kebutuhan manusia yang semakin banyak. Sebuah keunikan dan kemudahan yang belum pernah terbayangkan dalam M-Banking Bank Syariah, di mana inovasi bertemu dengan prinsip-prinsip keuangan Islam untuk memberikan pengalaman perbankan yang revolusioner.

Mari simak 5 inovasi fitur impian yang akan membawa perbankan syariah menjadi solusi terdepan untuk memenuhi kebutuhan finansial dan menginspirasi perubahan positif dalam pengelolaan keuangan.

ZakatCalculator (ZakatCalc)

Sumber: Penulis

ZakatCalculator merupakan alat yang membantu muzakki untuk menghitung zakat mereka dengan tepat berdasarkan data keuangan pribadi. Fitur ZakatCalculator pada mobile banking bank syariah dapat dirancang untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menghitung dan membayar zakat mereka sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Fitur tersebut sangat berguna untuk memastikan bahwa muzakki membayar zakat sesuai dengan ketentuan agama Islam berdasarkan haul dan nisabnya, dan tentunya sesuai dengan kondisi finansial mereka.

Fitur ZakatCalc memiliki beberapa komponen pelengkapnya. Untuk perhitungan Zakat penghasilan pada fitur ZakatCalc, pengguna akan diminta untuk mengisi beberapa komponen, diantaranya yakni jumlah pendapatan pokok, pendapatan lain-lain, hutang/cicilan yang dimiliki, jumlah penghasilan, harga emas (saat ini), dan besaran nishab zakat. Setelah terisi semua, maka besaran zakat yang harus dibayarkan akan otomatis muncul.

Sedangkan untuk perhitungan Zakat maal, pengguna harus mengisi lebih banyak komponen. Yaitu besaran harta dalam bentuk tabungan/giro/deposito, harta dalam bentuk logam mulia, properti, surat berharga, bentuk kendaraan yang disertai opsi angka dan jenis kendaraan, stok barang dagangan, piutang lancar, harga emas saat ini, serta besaran nishab zakat maal tersebut. Selanjutnya fitur akan menghitung besar zakat yang harus dibayarkan berdasarkan persentase tertentu dari kekayaan bersih pengguna.

Tidak hanya itu, fitur ZakatCalc juga akan memberikan transparansi penerima zakat yang sudah dibayarkan. Namun tenang saja, data penerima zakat atau mustahik ini hanya akan berupa nama lengkap, jenis kelamin, alamat domisili, serta bukti telah menerima zakat. Data-data mustahik akan aman disimpan dalam database penyimpanan. Untuk mewujudkan transparansi ini, kita bisa memanfaatkan teknologi Blockchain.

Dan komponen yang terakhir, fitur ZakatCalc dilengkapi dengan notifikasi dan riwayat pembayaran. Hal ini berguna untuk mengingatkan pembayaran zakat mereka serta menyediakan riwayat pembayaran zakat sehingga mereka bisa melihat history kontribusi mereka dalam pembayaran zakat.

LapKu

Fitur LapKu (Laporan Keuangan Terbuka) bukanlah hal yang tidak masuk akal untuk diwujudkan di masa mendatang. Fitur ini merupakan inovasi pada M-Banking yang memberikan akses transparan kepada semua pengguna untuk mengeksplorasi laporan keuangan baik triwulan atau tahunan dari bank. Fitur ini memungkinkan setiap pengguna, dari nasabah hingga calon nasabah, untuk mengakses laporan keuangan secara real-time tanpa batasan.

LapKu akan menyajikan 4 jenis laporan, yaitu laporan triwulan bank, Laporan Keuangan Kuartal, Informasi Kuantitatif Eksposur Risiko, dan Laporan Permodalan. Selain itu juga akan disediakan opsi tahun untuk memudahkan pengguna mencari laporan yang diminta. Laporan ini mencakup berbagai aspek keuangan bank, seperti aset, kewajiban, pendapatan, dan pengeluaran, dengan menyajikan informasi yang mudah dipahami melalui tabel data terperinci, grafik, diagram interaktif, dan ringkasan penting.

Selain menyediakan laporan dari berbagai macam jenis, fitur ini juga memberikan rincian kinerja keuangan bank secara keseluruhan, termasuk perubahan signifikan dalam periode tertentu. Yang lebih menarik,  LapKu ini juga menyediakan definisi dan penjelasan singkat mengenai istilah-istilah keuangan penting, sehingga dapat membantu pengguna yang mungkin kurang familiar dengan terminologi keuangan untuk memahami laporan dengan lebih baik.

QRISEase

Sumber : Penulis

“QRISEase” adalah langkah revolusioner dalam M-Banking Bank Syariah yang memungkinkan pengguna untuk mengakses QRIS Cross-Border. QRIS Cross-Border merupakan inovasi pembayaran baru yang dicanangkan oleh Bank Indonesia, yang menyediakan pembayaran lintas negara.

Tiga bulan yang lalu, Bank Indonesia sudah bekerjasama dengan Bank Of Thailand dan Bank Negara Malaysia untuk melaksanakan pembayaran dalam skema kerjasama QRIS CrossBorder Payment. Dan saat ini sudah ada 76 penyedia sistem pembayaran dari kedua negara yang berpartisipasi dalam QRIS Cross-Border. Dan baru saja pada tanggal 18 November QRIS Cross Border resmi bisa digunakan di Singapura.

Dengan integrasi teknologi terkini, QRISEase membuka peluang transaksi lintas batas yang lebih efisien dan praktis. Pengguna yang sedang berlibur di luar negeri dapat melakukan transaksi secara mudah hanya dengan melakukan scan QR tanpa menukarkan Rupiah dengan mata uang negara lain.

Keuntungan lain dari akses QRIS Cross-Border ini adalah pengguna bisa menghemat biaya tukar karena pembayaran dilakukan langsung dalam mata uang setempat tanpa perlu konversi. Hal ini dikarenakan uang yang ada dalam saldo akan secara otomatis berubah ke mata uang asing sesuai dengan negaranya. Selain itu, pengguna juga bisa melacak riwayat transaksi secara terinci dari semua pembayaran lintas negara yang dilakukan secara real-time.

Saat ini baru BSI yang sudah memiliki akses scan QRIS Cross-Border. Harapannya M-Banking Bank Syariah yang lain dapat memberikan akses QRIS Cross Border agar pengguna dapat melakukan pembayaran lintas negara menjadi lebih instan, memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam aktivitas finansial di manapun pengguna berada, termasuk saat merayakan liburan di luar negeri.

FinEase Assistant

Sumber : Penulis

Saat ini hampir semua mobile banking memiliki fitur chat, namun untuk menanggapi pesan dari pengguna masih karyawan/staff dari bank tersebut. FinEase Assistant yakni fitur berbentuk chatbot yang harapannya dapat diakses dalam M-Banking Bank Syariah. Dengan memanfaatkan Artificial Intelligent (AI), FinEase Assistant dapat memberikan jawaban yang konkret terkait pertanyaan atau keluhan yang diberikan oleh pengguna. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu memulai percakapan dengan FinEase Assistant, menyampaikan pertanyaan atau perluasan informasi terkait keuangan mereka.

Pengguna juga dapat berinteraksi dengan FinEase Assistant untuk meminta rekomendasi keuangan, mendapatkan informasi tentang transaksi terkini, atau bahkan meminta panduan dalam perencanaan keuangan. Manfaatnya dari adanya fitur FinEase Assistant sangat banyak, mulai dari kenyamanan dalam mendapatkan informasi keuangan kapan pun dibutuhkan hingga penggunaan AI yang memastikan jawaban yang lebih relevan dan personal.

FinEase Assistant dapat dibangun dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) dan Machine Learning. Teknologi ini digunakan untuk memproses informasi, memahami dan memproses bahasa manusia, pengambilan keputusan. Sehingga FinEase Assistant dapat menyajikan jawaban yang akurat dan relevan sesuai dengan konteks pengguna.

PointPlus

“PointPlus” adalah fitur sederhana yang memberikan poin kepada pengguna setiap kali mereka melakukan transaksi melalui M-Banking Bank Syariah. Poin yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik atau diskon eksklusif, seperti voucher belanja, diskon restoran, cashback transaksi, atau berupa pulsa/paket data.

Untuk mendapatkan point/reward tersebut, pengguna cukup melakukan transaksi seperti biasa melalui M-Banking, dan secara otomatis akan mendapatkan poin PointPlus. Pengguna juga dapat melihat jumlah poin mereka dan memilih hadiah yang diinginkan langsung melalui aplikasi perbankan.

Adapun untuk mengintegrasikan fitur PointPlus, digunakan teknologi integrasi real-time untuk memproses perhitungan secara otomatis. Selain itu pengguna juga akan menerima informasi berupa notifikasi di M-Banking setiap kali pengguna mendapatkan poin baru. Fitur ini merupakan sebuah bentuk apresiasi dari bank syariah melalui cara sederhana dan menyenangkan untuk mendapatkan nilai tambah dari setiap transaksi yang dilakukan. Dewi Malihatul Mawaddah 2105036119_[i]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.