Smart Card; Terobosan Baru Resmi Rilis di Wisuda Daring

Sumber: Youtube UIN Walisongo Semarang https://youtu.be/pKqVMtwo8lg
Sumber: Youtube UIN Walisongo Semarang https://youtu.be/pKqVMtwo8lg

UIN Walisongo Semarang untuk pertama kali menggelar wisuda secara virtual. Acara ini merupakan rangkaian wisuda Doktor (S.3) ke-21, Magister (S.2) ke-45, Sarjana (S.1) ke-78, dan Diploma (D.3) ke-27 yang digelar di kanal youtube resmi UIN Walisongo. Kamis, (6/8/2020).

Sebanyak 1.661 mahasiswa diwisuda dalam wisuda bertema Smart and Green Graduation ini. Prof. Dr H Imam Taufiq, M.Ag. selaku Rektor UIN Walisongo mengatakan belum banyak perguruan tinggi melaksanaan wisuda menggunakan aplikasi Face Tracking Animation. “Baru Unika Soegijopranoto Semarang dan UIN Walisongo. Selain dibutuhkan biaya besar, dibutuhkan ahli IT yang canggih dengan peralatan yang memadai,” tegasnya.

Acara ini juga dibarengi dengan launching smart card, yaitu kartu alumni yang berisi kode QR yang berisi identitas, ijazah, transkrip nilai, dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) Asli.

“Pelaksanaan wisuda kali ini bertemakan smart and green graduation juga dalam rangka launching smart card. Sebuah kartu yang merupakan modifikasi untuk para alumni mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang memiliki benefit dan keuntungan yang berlipat ganda. Kartu ini terintegrasi dalam aplikasi android yang dapat diunduh secara gratis bagi para alumni UIN Walisongo Semarang,” jelas Rektor UIN Walisongo tersebut.

Smart Card merupakan kartu modifikasi untuk alumni UIN Walisongo Semarang yang memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah QR kode yang tertera di kartu dapat digunakan akses data masing-masing alumni, yakni; link dokumentasi video personal masing-masing wisudawan saat pemindahan toga, link arsip dokumen kelulusan e-ijazah, transkrip nilai, SKPI, buku alumni, buku kenangan serta portofolio wisudawan, link literasi yang dapat digunakan untuk mengakses e-library dan e-journal, serta akses informasi aktual terkait alumni hingga informasi terkait karir dan bursa kerja di walisongo career center. (Farida, April, Annisa) _[i]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *