Home / NEWS / Webinar Daring KKN RdR Kelompok 6 UIN Walisongo; Tingkatkan Literasi Financial Planning

Webinar Daring KKN RdR Kelompok 6 UIN Walisongo; Tingkatkan Literasi Financial Planning

(Raissa Shofi Amani sedang memaparkan submateri Dana Darurat)

(Raissa Shofi Amani sedang memaparkan submateri Dana Darurat)

lpminvest.com– Kelompok 6 Kuliah Kerja Nyata Reguler dari Rumah (KKN RdR) Angkatan 77 adakan webinar daring Financial Planning dengan tajuk “Uang Habis Sebelum Tanggal 1? Kenapa Nggak Financial Planning Aja.” Menggandeng Lembaga Investor Saham Pemula (ISP Semarang) pada Minggu, (7/11/2021), webinar bertujuan untuk meningkatkan literasi tentang financial planning. Memanfaatkan platform Zoom, kegiatan berjalan dengan baik.

Eva Khairun Nisa selaku Keynote Speaker menyampaikan betapa pentingnya financial planning itu.

“Sangat penting kita memplanning keuangan, apalagi kita masih muda. Sangat perlu untuk belajar mengenai pengelolaan keuangan yang tepat sesuai dengan kemampuan masing-masing. Setelah mengikuti webinar ini, kita semua harus dapat melek financial. Agar akhir bulan kita masih punya tabungan untuk diinvestasikan,” jelasnya.

Raissa Shofi Amani selaku pembicara menerangkan bahwa pengelolaan keuangan layaknya pondasi rumah.

“Perencanaan keuangan tidak pandang bulu. Seandainya Tuhan memberi kita rezeki yang lebih, maka kita harus bisa mengelolanya dengan baik. Kalau pondasinya kokoh, maka akan bertahan lama,” terangnya.

Financial planning atau pengelolaan keuangan bisa dilakukan dengan menghindari perilaku konsumtif sebagai salah satunya.

“Tips dan trik agar kita tidak terlena dengan konsumtif yaitu, pertama, membuat pos pengeluaran. Kedua, jangan langsung gatel untuk membelanjakan uang. Ketiga, mulai berfikir panjang. Jangan menunda-nunda melakukan perencanaan keuangan, karena sejatinya perencanaan keuangan harus dilakukan sejak dini. Agar nanti kalau kita punya uang banyak kita bisa mengelolanya,” ungkap Raissa yang berposisi sebagai Capital Market di Investor Saham Pemula (ISP) Semarang.

Diselenggarakannya webinar tentang financial planning ini menjadi salah satu cara mengedukasi mahasiswa dan  masyarakat umum untuk dapat mengatur keuangannya dengan baik.

“Tema yang diangkat sangat bagus untuk mahasiswa, soalnya sulit sekali untuk mengatur uang dengan baik. Adanya webinar ini harapannya mahasiswa dapat menerapkan dari teori yang disampaikan dan lebih efektif untuk membuat mahasiswa belajar mengatur keuangannya,” ucap Ziqma salah satu peserta webinar financial planning. [i]

Nurul Mutiah dan Meliya Alfiatul Rohma – Prodi Manajemen Pendidikan Islam UIN Walisongo Angkatan 2018

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*