Merencanakan Keuangan, Menggapai Keberkahan

Sumber: Google
Sumber: Google
Sumber: Google

Judul Buku             : Sakinah Finance

Penulis                     : Luqyan Tamanni dan Murniati Mukhlisin

Penerbit                   : Tinta Medina

Tahun Terbit          : 2018

Tebal                        : 217 Halaman

Peresensi                 : Nur Hikmah

Buku Sakinah Finance karya Luqyan Tamanni dan Murniati Mukhlisin ini mengusung tema yang cukup berat yakni Perencanaan Keuangan dalam Islam. Meski dengan bahasan tidak ringan, penggunaan bahasa dalam buku ini cukup santai dan sangat mudah dipahami. Selain itu, tampilan buku seperti pemilihan font serta penambahan gambar membuat visualisasi buku ini menjadi lebih menarik.

Konten dalam buku ini terdiri dari 9 bab yang secara garis besar membahas tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga stabilitas keuangan, serta mengangkat standar keuangan pada batas layak. Mulai dari memahami pendapatan keluarga, kemudian memilah kebutuhan berdasarkan prioritas, mengelola impian atau target finansial keluarga, mengatur surplus dan defisit, serta bagaimana membangun konsultasi yang baik dalam keluarga.

Dalam bab pertama buku ini mengupas tuntas tentang apa definisi sakinah dalam konteks finansial, serta upaya-upaya meraihnya. Konsep sakinah sendiri dimulai dari keyakinan bahwa uang rupiah, dolar, maupun dinar yang kita simpan merupakan uang yang halal sehingga layak kita bawa ke mana-mana dan kita belanjakan. Harta halal tersebut yang kemudian akan mengantarkan pada ketenangan dalam kehidupan finansial keluarga. Masih terkait dengan bab pertama, pada bab 2 membahas pengelolaan dan perencanaan untuk mencapai keluarga sakinah.

Kemudian pada 5 bab selanjutnya membahas topik yang senada terkait lima jenis manajemen guna mencapai kondisi finansial yang baik. Kelima manajemen tersebut diantaranya managing income, managing needs, managing dreams, managing surplus and defisit, serta managing contingencies.

Dua bab terakhir sebagai penutup membahas tentang tahapan dan tools perencanaan keuangan, serta tip dan konsultasi keuangan keluarga. Dalam bagian ini lebih menekankan pada pemahaman terkait tujuan dari rencana keuangan itu sendiri, serta orientasinya pada zakat firtah dan zakat mal serta hak waris atau faraidh. Juga dilengkapi dengan contoh-contoh perhitungan zakat, investasi, dan lain-lain.

Secara keseluruhan cara penyampaian isi buku sangat menarik dan praktis. Ditambah suguhan aplikasi dan contoh penerapan langsung akan meningkatkan daya tangkap pembaca pada konten buku ini. Namun yang cukup disayangkan, buku yang terdiri dari 9 bab ini hanya berisikan 217 halaman sehingga setiap aspek tidak dapat dijelaskan secara lebih dalam. Penjelasan pada tiap bab hanya mengupas permukaan dari tiap aspek. Sehingga penulis mengharapkan adanya buku pelengkap sebagai back up agar pemahaman tentang sakinah finance bisa lebih mendalam.

Exit mobile version