Politik Indonesia Apakah Akan Selalu Kotor?

Ilustrasi Politik. Sumber: PSIK Indonesia
Oleh: Rifky Naufal Abi (Pimpinan Umum LPM Invest 2022/2023)

Politik adalah sebuah pembagian kekuasaan di dalam suatu masyarakat yang berwujud proses dalam pengambilan keputusan, menyangkut kehidupan suatu negara. Politik Indonesia selalu menjadi perbincangan hangat publik saat ini. Sudah tak sedikit lagi politisi-politisi Indonesia yang sudah dibutakan oleh manisnya gula kedudukan. Semestinya ini menjadi beban pikiran manusia karena sangat berdampak bagi nasib semua orang, malah banyak yang berlomba-lomba karena hal ini.

Globalisasi mungkin yang membuat pikiran para petinggi-petinggi di Indonesia menjadi terbalik, dimana mereka harus jadi contoh baik bagi masyarakat namun berbanding terbalik. Seperti halnya banyak petinggi korupsi dan memanfaatkan pangkatnya hanya untuk kepentingan pribadi. Hal ini sangatlah berdampak bagi masyarakat termasuk anak muda yang akan menjadi penerus bangsa. Oleh karena itu dibutuhkan cara yang tepat agar politik tak kotor lagi. Politik bisa diibaratkan menjadi suatu pesawat bagi nasib masyarakat. Jika pesawat itu jatuh, nasib masyarakat akan hancur.

Tugas politisi sebagai wakil rakyat kini mungkin sudah mereka lupakan. Menurut mereka kursi kekuasaan merupakan segalanya. Bahkan politik uang saat ini marak terjadi guna merebutkan kursi parlemen. Dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dijelaskan tentang pilkada secara tegas mengatur sanksi untuk pemberi dan penerima politik uang, akan tetapi hal tersebut sepertinya tidak mengurungkan niatnya untuk melakukan politik kotor seperti itu.Tak hanya itu, doktrin politik juga sering muncul saat ini. Padahal hal ini dapat merugikan dan menjatuhkan siapapun itu hanya karena kebutuhan politik.

Ilustrasi Politik. Sumber: PSIK Indonesia

Politik kotor di negara kita seperti sudah membudidaya. Mereka  yang pada awalnya mempunyai niat dan cita-cita yang mulia untuk kemajuan bangsa justru ikut terbawa derasnya arus politik kotor yang dilakukan oleh partai politik maupun instansi yang tidak bertanggung jawab.  Padahal, di zaman yang semakin maju ini Indonesia membutuhkan sosok-sosok berjiwa luhur, jujur, idealis, dan tentunya memiliki rasa cinta kepada tanah air. Bila politik kotor seperti korupsi dan penggunaan politik uang ini makin meluas dan tidak dicegah akan berakibat buruk bagi kemajuan bangsa yang selama ini dicita-citakan.

Para pemuda yang menjadi imbas dari kelakuan para oknum politisi. Tak bisa disalahkan jika kini juga banyak pemuda yang mulai menerapkan politik kotor dalam lingkungannya. Masih perlu literasi masyarakat khususnya pemuda mengenai ini. Lalu, apakah politik di Indonesia akan selalu kotor? Peningkatan kesadaran kaum muda seperti itulah yang dibutuhkan oleh bangsa kita dalam menghadapi era kepolitikan saat ini. Mereka yang ikut serta dan turut aktif dalam meningkatkan sistematika dunia politik akan menjadi penerus bangsa yang membanggakan dan membawa kemajuan bangsa. Semua pemuda harus mengusahakan yang terbaik dalam segala hal mengenai kepentingan rakyat Indonesia.

Kita sebagai generasi muda Indonesia harus bisa membuktikan bahwa kita adalah aset bangsa yang sangat berharga, kita juga harus membuktikan bahwa kita pemuda Indonesia adalah pelaku politik yang tidak gila dengan jabatan, uang maupun takut terhadap ancaman. Melainkan kita adalah sosok yang mampu membawa bangsa ini pada kemajuan dengan semangat kebersamaan dan rasa kompetitif.

Exit mobile version