FEBI Gelar Pra-PBAK, Begini Keluh Kesah Maba dan Panitia

(Suasana Pra-PBAK di Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam. Lokasi: Lapangan FEBI)

lpminvest.com– Selasa (2/8/2022) kegiatan Pra Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) telah berlangsung di UIN Walisongo Semarang. Kegiatan Pra-PBAK ini bermaksud untuk menyiapkan mahasiswa baru (maba) dalam menghadapi PBAK nantinya. Pra-PBAK dilakukan oleh masing-masing fakultas. Pra-PBAK di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) diisi oleh kegiatan orasi, ekspo UKM & UKK, adu yel-yel serta forum Penanggung Jawab (PJ) kelas.

Pra-PBAK FEBI dibuka oleh Saekhu selaku Wakil Dekan III yang bertanggung jawab atas kegiatan kemahasiswaan yang ada di sana. Setelah acara Pra-PBAK dibuka, rangkaian acara selanjutnya berfokus pada expo UKM & UKK.

Expo UKM dan UKK kali ini diikuti oleh enam (6) UKM dan tiga (3) UKK yang ada di FEBI,” ucap Zainul Abidin selaku Ketua Panitia PBAK FEBI 2022.

Ekspo UKM dan UKK yang ada di FEBI diikuti oleh total sembilan (9) unit kegiatan mahasiswa intra fakultas dan kampus. Enam (6) UKM di antaranya LPM Invest, JQH, EBI Sport, ELC, Teater Koin, KOBI. Sedangkan tiga (3) UKK di antaranya Forshei, Tax Center, dan KSPM. Masing-masing UKM dan UKK tersebut menampilkan pertunjukan yang mengenalkan gambaran dari organisasinya masing-masing.

PBAK di Masa Post-Pandemi Covid-19

Setelah dua tahun PBAK dan Pra-PBAK diselenggarakan secara daring, kini saatnya para mahasiswa merasakannya secara langsung. Persiapan untuk acara PBAK memakan waktu hampir satu bulan lebih bagi panitia. Kendala utama dalam kegiatan PBAK kali ini yaitu adanya kebijakan tidak boleh membawa kendaraan yang dapat menyulitkan panitia. Panitia sendiri mengaku tidak menyetujui dengan aturan tersebut, tetapi aturan telah disepakati oleh pimpinan-pimpinan tanpa sepengetahuan dari panitia universitas maupun fakultas. Maka, hal tersebut harus tetap dipatuhi para panitia dan maba.

“Karena dua tahun lalu online dan sekarang offline. Jadi, kita butuh persiapan yang sangat lebih. Banyak kendala yang dialami karena harus menyesuaikan dari online ke offline kembali,” terang Zainul Abidin.

PBAK tahun ini akan mengangkat tema “Perkuat Kolaborasi Wujudkan Rekognisi” dengan tagline ‘cerdas berintegritas’. Pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan perlu dipersiapkan dengan matang agar tujuannya dapat dicapai. Seperti taglinenya, mahasiswa diharapkan mampu cerdas tidak hanya di dalam kelas, melainkan cerdas dalam menghadapi dunia khususnya tekonologi yang makin berkembang ini.

Kegiatan Pra-PBAK sudah menuai keluh kesah dari maba. Mereka mengaku kepanasan akibat ditempatkan di lapangan terbuka. Namun, maba juga menikmati rangkaian acara Pra-PBAK FEBI dengan mengungkapkan bahwa ia menikmatinya.

“Ada serunya, ada capeknya, ya dijalani saja. Kendala alhamdulillah gak ada. Masih aman lancar,” ucap Selvina maba Manajemen FEBI 2022. Celine&Fina_[i]

Exit mobile version