Pemantapan Progam MBKM, DEMA FEBI Gelar Seminar Hardiknas Creativefest

(Suasana Seminar Hardiknas Creativefest)
(Suasana Seminar Hardiknas Creativefest)

lpminvest.com- Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan seminar Hardiknas Creativefest di ruang teater lantai 3 Syeikh Nawawi Al bantani (12/5/2023).

Seminar ini mengusung tema “Sinergi Pendidikan Era Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)”. Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini untuk memperingati hari pendidikan nasional. Sebelumnya, DEMA FEBI juga menyelenggarakan lomba Essay dan Infografis Nasional.

Merdeka belajar dan kampus merdeka merupakan kebijakan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 3 tahun 2020 dengan menetapkan peraturan bebas meningkatan kompetensi dan passion sesuai bakat minat yang terdapat dalam delapan kegiatan merdeka belajar, salah satunya adalah magang.

Seminar ini di isi oleh pemateri yang sangat luar biasa yaitu Bapak Hendi Pratama (Education motivator dan funder of @EduTrans.id) dan Ibu Muyassaroh (Sekretaris jurusan Perbankan Syariah).

Hendi Pratama selaku pemateri pertama mengenai tantangan merdeka belajar dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di era digitalisasi menyampaikan serta menyarankan bahwasannya generasi Z harus ada pengorbanan untuk meraih kesuksesan.

“Sebagai generasi Z yang mudah kena mental harus menyadari tidak semua ekspetasi bisa instan dan menyenangkan. Harus ada pengorbanan untuk kesuksesan. Jadikan media sosial sebagai peluang mahasiswa untuk mengembangkan personal branding,” ungkap Hendi.

Pada pemateri kedua, yang disampaikan oleh Ibu Muyassaroh mengenai panduan akademik hak belajar mahasiswa di luar program study beliau menyampaikan bahwasannya kegiatan MBKM bisa disiasati sendiri dan memanfaatkan privilege.

“Kegiatan MBKM bisa disiasati oleh diri kita sendiri, mau atau tidak memanfaatkan privilege tersebut,” ungkap Muyassaroh.

Beliau juga berharap mahasiswa bisa lulus tepat waktu dengan memberikan opsi lain selain mengerjakan skripsi, yaitu dengan membuat artikel atau jurnal dengan syarat sinta 3 sesuai dengan prodi masing-masing mahasiswa yang dikerjakan di semester 5.

Terakhir, acara ditutup dengan penyerahan hadiah dan foto bersama. Tentunya acara ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang masih kurang memahami kegiatan Merdeka Belajar. Ikfina & Abil_[i]

Exit mobile version