Wisudawan Inspiratif; Selesaikan Kuliah Tepat Waktu Walaupun Sibuk

(Potret Firdaus dengan Usmiyati)
(Potret Firdaus dengan Usmiyati)

lpminvest.com- Kisah inspiratif datang dari dua wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Firdaus dan Usmiyati, resmi menerima gelar S.Akun pada Selasa, (23/05/2023). Peresmian gelar tersebut dilaksanakan di Gedung Auditorium 2 Kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang pada acara Wisuda Doktor (S-3) ke-31, Magister (S2) ke-55, Sarjana (S1) ke-88.

Firdaus Aulia Purnama diresmikan mendapat gelar sarjana dengan status lulus tepat waktu. Diketahui, ia mengerjakan tugas skripsinya sembari bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Firdaus mengungkapkan bahwa awal mula bekerja di BUMN adalah karena mengikuti program magang bersetifikat dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kemudian diarahkan untuk mengikuti seleksi di Perseroan Terbatas (PT) Semen Gresik hingga akhirnya bisa bekerja di sana. Sedangkan untuk pengerjaan skripsi, Firdaus berpesan untuk selalu berkomunikasi dengan dosen pembimbing dan tetap berproses di tengah kesibukan lain.

Firdaus menyampaikan terdapat kendala yang dihadapi ketika bekerja dibarengi dengan pengerjaan skripsi saat diwawancarai oleh Tim LPM Invest.

“Awalnya skripsi selesai tahun 2022 awal dan saya bekerja di Nona Martabak. Mungkin kendalanya lebih ke capek dan sudah nggak memikirkan kuliah. Tapi dengan itu untuk melatih tanggung jawab. Kita disini kuliah jadi harus berpegang teguh untuk menyelesaikan kuliah. Kalau kendala, di waktu sama tenaga tapi bagaimana cara mengatasinya,” ungkap Firdaus kepada Tim LPM Invest.

Firdaus juga turut membagikan tips dan trik agar dapat lulus tepat waktu, meskipun terdapat kegiatan lain selain kuliah.

“Sebenernya kalau dibilang tips itu ya relatif. Yang pertama, mungkin tanamkan prinsip mengenai tanggung jawab kuliah. Kita mikir dengan kondisi merantau. Kedua, kita di perkuliahan jangan cuma mencari kuliahnya aja tapi juga mencari ekstra atau kegiatan magang pokoknya penambahan skill di dunia luar. Ketiga, mengenai manajemen waktu dan kesadaran diri dengan membuat to do list entah itu pake note di kamar atau di hp itu dibuat sebagai pegangan. Mungkin pada dasarnya itu sih, kuliah itu untuk apa, pokoknya jangan kuliah aja karena dari situ kalian bisa menemukan semangat tersendiri,” ucap Firdaus kepada Tim LPM Invest.

Selain Firdaus, wisudawan lain yang memiliki kisah inspiratif lainnya, yaitu Usmiyati. Beliau merupakan demisioner ketua umum Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM). Saat menyelesaikan tugas akhirnya, beliau masih menjabat sebagai ketua umum KSPM. Usmi mengungkapkan kendala yang dihadapi semasa mengerjakan skripsi.

“Kalau kendala pasti ada sih, tapi dibalik jabatan itu gak ada yang menghalangi. Kecuali dosen yang susah ditemui atau data yang gak normal. Tapi kalau dibalik jabatan dan sebagainya balance sih sejauh ini. Sedangkan untuk masalah pembagian waktu, aku itu biasanya ngerjain terserah mood aku. Kalau mood ngerjain, kalau gak ya udah,” ungkap Usmi saat diwawancarai Tim LPM Invest.

Usmi juga memberikan tips dan trik lulus tepat waktu.

“Sebenarnya gak ada tips and trik tertentu sih. Yang penting punya goals dan tujuan. Mau lulus semester berapa ya setting dari awal. Mulai dari awal jadi jangan sia-siain kesempatan. Dari semester awal mulai. Meski nanti diganti-ganti (judul) yang penting lewatin aja prosesnya,” ucap Usmi kepada Tim LPM Invest.

Saat menjabat sebagai ketua umum KSPM, banyak dukungan serta keuntungan yang didapatkan Usmi dalam proses pengerjaan skripsinya.

“Kebetulan di KSPM aku ambil saham di bidang keuangan dan skripsiku itu tentang saham, jadi sangat relate dengan KSPM. Jadi data-data aku ambil dari Indonesia Stock Exchange (IDX). Jadi orang (lain) harus berkuesioner dahulu, aku dah ada data lebih dulu,” terang Usmi.

Kedua kisah inspiratif dari dua wisudawan FEBI ini menjadi kisah unik yang dapat diteladani. Meskipun terdapat kesibukan lain, tidak menjadi alasan untuk molornya pengerjaan skripsi dan dapat lulus tepat waktu. Celine&Winda_[i]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *