Ngaji Budaya Sebagai Bentuk Ekspresi Keberagaman Indonesia

(Ngaji Budaya dalam Acara Nusantara Culture Festival)
(Ngaji Budaya dalam Acara Nusantara Culture Festival)

lpminvest.com- Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN)  dan  Organisasi Daerah (Orda) UIN Walisongo saling berkolaborasi untuk menyukseskan acara Nusantara Culture Festival pada Kamis, (25/05/2023) yang dilaksanakan di Lapangan Kampus 3.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengajak elemen-elemen kedaerahan.

“Adanya kegiatan Nusantara Culture Festival, teman-teman DEMA Universitas  ingin mengajak elemen-elemen kedaerahan yang ada di lingkungan UIN Walisongo untuk memberikan wadah kepada teman-teman melalui acara ini,” ungkap Muhammad Rizal Subakti selaku ketua panitia.

Berhasilnya acara ini tentu membutuhkan persiapan yang maksimal sebagaimana yang diungkapkan ketua panitia bahwa perancangan Nusantara Culture Festival dilakukan selama satu bulan.

“Kegiatan Nusanta Culture Festival sudah mulai dirancang sebulan sebelum acara ini,” tambahya.

Ngaji Budaya menjadi salah satu inti dalam acara Nusantara Culture Festival, dimana acara ini di isi oleh  Zawawi Imron, Aloysius Budi Purnomo, Sosiawan Leak, dan Imam Taufiq selaku rektor UIN Walisongo.

Ngaji Budaya merupakan salah satu acara untuk kita lebih bisa menghargai adanya perbedaan budaya dan agama dengan tidak menunjukan sikap kekerasan. Hal ini seperti yang disampaikan Imam Taufiq dalam sambutannya.

“Hidup ini bisa bahagia dan ceria kalau kita bisa mengekspresikan keberagaman dengan maksimal dengan tata etika yang berlaku. Salah satu bentuk penghargaan keberagamaan diawali dan dimotori oleh Walisongo  yang menyebarkan ajaran islam dengan penuh kesantunan, kenyamanan, damai maslahat tidak menggunakan sama sekali kekerasan dan teror,” jelasnya.

Di penghujung acara bapak Zawawi memberikan pesan, saya berharap semoga mahasiswa uin walisongo ini nanti ada yang mampu menerjemahkan al-quran dengan sempurna dan puitis. Siti&Septi_[i]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *