Home / NEWS / Biaya Wisuda Luring Pertama di Masa Pandemi, Wisudawan Tidak Merasa Keberatan

Biaya Wisuda Luring Pertama di Masa Pandemi, Wisudawan Tidak Merasa Keberatan

(Salah Satu Wisudawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Bergaya dengan Kru Magang LPM Invest)

lpminvest.com– Masa pandemi sedikit longgar yang ditandai dengan keadaan ekonomi cukup stabil. Hal tersebut dicerminkan dengan pengakuan wisudawan yang tidak keberatan dalam memenuhi biaya acara wisuda periode Mei 2022 UIN Walisongo Semarang. Bertempat di Auditorium 2 Kampus 3, para wisudawan tampil maksimal dengan balutan toga dan baju yang telah dipersiapkan.

Berbicara mengenai biaya wisuda tentunya antara mahasiswa laki-laki dan perempuan berbeda. Ditambah pihak kampus membebaskan perihal dresscode dan keperluan pribadi yang lain. Ada beberapa mahasiswa yang menyewa toga dan ada pula yang meminjam ke kerabatnya.

Nadia Maulida salah satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), menjelaskan beberapa rangkaian biaya yang dikeluarkan untuk keperluan wisudanya.

“Saya mengeluarkan biaya kurang lebih untuk baju; biaya jahit Rp 200.000, kain batik Rp 25.000, brokat Rp 200.000, tali Rp 10.000, make up Rp 160.000, foto studio Rp 250.000 dan hotel orang tua karena perjalanan jauh Rp 800.000,” ungkapnya, pada Selasa (24/5/2022) kepada Kru Magang LPM Invest.

Nadia juga menganggap biaya wisuda kali ini tidak memberatkan sama sekali, bahkan dengan diadakannya wisuda secara offline membuat ia merasa lebih semangat dan antusias.

Muhammad Ilham Sofyan salah satu wisudawan dari Fakultas Ushuluddin, mengungkapkan biaya wisuda kali ini tidak memberatkan karena mereka hanya mengeluarkan biaya kebutuhan pribadi.

“Biaya tidak ada masalah karena ini momen langka, bahkan orang tua menganggap jika wisuda diadakan secara online berjalan kurang efektif,” terangnya.

Mahasiswa sangat antusias dengan momen wisuda kali ini. Bahkan tak jarang ada beberapa mahasiswa yang membiayai wisuda ini dengan hasil kerja kerasnya. Mereka hanya mengeluarkan Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) untuk biaya alumni. Selebihnya hanya mengeluarkan biaya untuk keperluan pribadinya. Haidar&Ikfina_[i]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*