Home / NEWS / Rangkaian Rekrutmen Anggota Baru, LPM Invest Gelar Selayang Pandang dan Pelatihan Menulis Esai

Rangkaian Rekrutmen Anggota Baru, LPM Invest Gelar Selayang Pandang dan Pelatihan Menulis Esai

(Ubbadul Adzkiya' sebagai pemateri I sedang memaparkan materinya)

(Ubbadul Adzkiya’ sebagai pemateri I sedang memaparkan materinya)

lpminvest.com- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Invest mengadakan acara Selayang Pandang dan Pelatihan Esai pada Minggu, (29/8/2021). Acara diadakan melalui platform virtual meeting Zoom dalam rangka mengenal lebih dekat LPM Invest terkait Open Recruitment. Acara yang diikuti oleh mahasiswa baru (maba) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo ini menghadirkan pembicara yang merupakan alumni pers kampus juga. Kegiatan virtual ini dimaksudkan untuk membekali maba dalam mengenal lebih jauh tentang LPM Invest dan penguasaan di bidang kepenulisan esai.

“Selayang Pandang merupakan serangkaian open recruitment. Harapannya dengan adanya selayang pandang ini, peserta menjadi lebih dekat dan lebih tahu apa itu LPM Invest serta dapat menguasai skill di bidang kepenulisan,” tutur Sofiyatun selaku ketua panitia.

Mahasiswa tentunya menjadi agent of change, voice of people, dan agent of social control dimana mahasiswa harus benar-benar kritis terhadap segala permasalahan. Pekerjaan mahasiswa adalah membaca dan kegiatan penunjang perkuliahan lainnya. Keikutsertaan dalam organisasi ataupun UKM yang ada di kampus, bisa terus mengasah kemampuan. Semua proses tersebut ada di LPM Invest.

“Kewajiban mahasiswa adalah membaca, diskusi, menulis. Jangan dikatakan mahasiswa jika tidak membaca. Maka dari itu, bacalah!” ungkap Ubaddul Adzkiya’ selaku pemateri pertama.

Ubaddul Adzkiya’ yang juga kepala jurusan Muamalat di Universitas Wahid Hasyim memberi kiat manajemen waktu bagi mahasiswa.

“Mahasiswa bertanggung jawab atas perkuliahannya. Ikut kegiatan pers kampus tidak boleh menghalangi kita untuk fokus kuliah,” terangnya.

Strategi Penulisan Esai

Esai adalah sebuah karangan prosa yang mengacu pada suatu masalah secara sepintas dan dari sudut pandang sang penulis. Sering juga esai menjadi salah satu syarat mendaftar sesuatu seperti beasiswa, organisasi, dan lain sebagainya.

“Esai bercirikan singkat dan personal. Maka dari itu, banyak juga penyelenggara pendaftaran beasiswa atau organisasi menjadikan esai sebagai syaratnya,” ungkap Maulana Ali sebagai pemateri kedua.

(Maulana Ali sedang memaparkan materi tentang esai)

(Maulana Ali sedang memaparkan materi tentang esai)

Dalam acara tersebut, terdapat sesi tanya-jawab dimana peserta diberi kesempatan untuk bertanya untuk menambah cakrawala tentang menulis esai bagi mahasiswa. Salah satu peserta bertanya terkait perbedaan esai dan artikel serta bagaimana membuat esai yang baik.

“Esai dan artikel sangatlah berbeda. Esai itu sebagai karangan prosa sehingga yang dibahas itu bisa apa saja secara bebas. Sedangkan artikel itu sifatnya deskriptif atau menjelaskan sesuai temanya dengan menggunakan bahasa baku. Terkait esai yang baik itu dilihat dari karakter penulis dimana penulisannya dengan kata-kata yang enak dibaca, mudah dipahami, dan menggunakan bahasa keseharian,” jelas Maulana.

Maulana mengungkapkan bahwa menulis bisa menjadi jalan terang, terutama bagi mahasiswa. Karena itu di LPM Invest akan diajarkan lebih dalam tentang kepenulisan yang tidak hanya esai.

“Menulis itu bisa menentukan teman-teman nanti kelak jadi apa. Saya merasakan betul, maka mumpung kalian sudah memasuki masa perkuliahan gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk menulis,” ungkapnya. Refi_[i]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*