Home / NEWS / Bekali Maba di Awal Perkuliahan, LPM Invest Selenggarakan Pelatihan Makalah

Bekali Maba di Awal Perkuliahan, LPM Invest Selenggarakan Pelatihan Makalah

(Pamflet Pelatihan Makalah yang diselenggarakan oleh LPM Invest)

(Pamflet Pelatihan Makalah yang diselenggarakan oleh LPM Invest. Dinarasumberi Maya Sofiah)

lpminvest.com- Senin, (16/08/2021) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Invest mengadakan pelatihan makalah. Acara yang diikuti oleh mahasiswa baru (maba) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) ini menghadirkan pembicara berprestasi juga alumni FEBI. Kegiatan ini terselenggara melalui platform virtual meeting Zoom dan mendapat antusias lebih dari 140 akun maba FEBI UIN Walisongo. Diadakannya pelatihan makalah tersebut bertujuan untuk membekali dan memfasilitasi maba dalam kepenulisan akademik yang lebih konkrit serta cara pembuatan makalah yang sesuai dan benar.

Pandemi Covid-19 dengan segala keterbatasan ruang gerak yang ditimbulkannya tidak menghalangi mahasiswa untuk terus belajar meskipun secara virtual. Hal tersebut tercerminkan oleh peserta pelatihan makalah tersebut dalam prosesnya menggali ilmu kepenulisan makalah.

Terlaksana dengan lancar, harapannya kegiatan ini membawa pengaruh baik terhadap maba, sehingga bisa lebih siap untuk berkecimpung dalam masa perkuliahannya.

“Meskipun ada sedikit kendala teknis, namun acara berjalan sesuai yang diharapkan. Diadakannya acara ini oleh Invest sendiri semoga dapat menjadi bekal bagi maba dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah ke depannya. Peserta juga aktif ketika acara berlangsung, hal itu terbukti dari ramainya pertanyaan yang dilontarkan,” tutur Sofiyatun salah satu panitia.

Makalah mungkin sudah tidak asing terdengar bahkan ketika di bangku SMA, namun demikian belum secara spesifik. Di bangku perkuliahan ini, ditekankan untuk lebih mempertajam kemampuan di bidang kepenulisan akademik salah satunya makalah.

Maya Sofiah selaku pembicara pada acara kali ini menjelaskan bagian-bagian maupun aturan yang harus diperhatikan sebelum menulis makalah. Maya pun menegaskan bahwa kemurnian tulisan itu penting diperhatikan.

“Ketika kita menulis makalah ataupun yang lainnya, harus benar-benar murni dari pemikiran kita sendiri. Kembangkan dengan bahasamu sendiri jangan sesekali copy paste. Ayo kita mulai perubahan. Jangan mengutip dari sumber yang belum jelas. Harus mengutip dari sumber yang terpercaya contohnya dari situs perpustakaan suatu universitas, situs resmi Bank Indonesia, atau perpustakaan nasional,” terang Maya yang juga Pemimpin Umum LPM Invest periode 2017-2019 itu.

Maya juga menambahkan terkait judul makalah, aturan kepenulisan makalah seperti footnote, font hingga margin patut untuk tetap diperhatikan.

“Dalam pembuatan makalah, ketika menentukan judul makalah pun harus disesuaikan dengan tema yang kita pilih. Tata letak kepenulisannya juga harus diperhatikan, aturan-aturannya juga harus sesuai. Sumber tulisan harus dicantumkan. Memparafrase atau menyimpulkan materi, dikembangkan lebih luas dengan bahasa sendiri dan jangan bertele-tele,” tambah Maya.

Salah satu peserta menyampaikan bahwa acara yang diselenggarakan LPM Invest ini bermanfaat dan bisa menjadi pencerahan bagi maba.

“Pelatihan membuat makalah ini sangat membantu kami yang masih belum bisa membuat makalah dengan baik dan benar. Sangat bermanfaat bagi maba yang hari pertama kuliah langsung mendapatkan tugas membuat makalah. Pelatihan ini membuat kami paham cara membuat pendahuluan, pembahasan, dan penutup dengan benar,” ungkap Nihayatun Nuroniyah salah satu peserta dari jurusan Akuntansi Syariah.

(Salah satu peserta sedang menyampaikan pertanyaan untuk narasumber)

(Salah satu peserta sedang menyampaikan pertanyaan untuk narasumber)

Dalam pemaparan materi pelatihan pembuatan makalah ini, Maya pun menampilkan contoh makalah yang sudah jadi melalui share screen dalam Zoom tersebut. Hal ini bertujuan agar peserta setidaknya memiliki gambaran bagaimana makalah yang sesuai aturan dan bagaimana merangkai kalimat dalam pembahasannya. Contoh makalah yang ditampilkan kemudian dibahas dan dikoreksi bersama-sama. Ika&Refi_[i]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*