Home / NEWS / Pelantikan dan Raker Fornasmebi di IAIN Purwokerto, Muncul Harapan ‘Berkolaborasi dengan Link Aja Syariah’

Pelantikan dan Raker Fornasmebi di IAIN Purwokerto, Muncul Harapan ‘Berkolaborasi dengan Link Aja Syariah’

Pelantikan dan Raker Fornasmebi di Purwakarta bersama IAIN Purwakarta, IAIN Kudus, UIN Walisongo, IAIN Salatiga, IAIN Pekalongan, dan IAIN Surakarta.

Pelantikan dan Raker Fornasmebi di Purwokerto bersama IAIN Purwokerto, IAIN Kudus, UIN Walisongo, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Salatiga, IAIN Pekalongan, dan IAIN Surakarta.

lpminvest.com- Selasa hingga Kamis, (22-27 Mei 2021) Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam Indonesia (Fornasmebi) Wilayah III Jateng-DIY melaksanakan Pelantikan, Rapat Kerja Wilayah III (rakerwil), dan Jambore Ekonomi Syariah (JES).

Penyelenggaraan kegiatan dituan rumahi oleh IAIN Purwokerto yang menjadi satu di antara tujuh Perguruan Tinggi Islam se Jateng-DIY ke dalam anggota Fornasmebi. Wilayah III Jateng-DIY ini dikoordinatori oleh perwakilan Fornasmebi UIN Walisongo, Iqbal Rozaqi yang pada April lalu terpilih sebagai pengemban amanat koordinator Sabtu, (29/5/2021).

Fornasmebi merupakan suatu wadah bagi mahasiswa lembaga internal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dari berbagai PTKI di Indonesia. Pembentukan awal Fornasmebi pada 17 Mei 2017 lalu di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada awal kongres pertama kali. Pembentukan forum ini tidak terlepas dari usahanya untuk mengembangkan literasi ekonomi syariah terhadap anggotanya. Tujuannya tidak lain agar para anggota Fornasmebi melek terhadap perkembangan ekonomi di wilayahnya.

Adapun sebaran wilayahnya sebagai berikut: Sumatera, DKI-Jabar-Banten, Jateng-DIY, Jatim-Nusa Tenggara, Kalimantan dan Sulawesi.

Agenda yang diadakan secara luring ini diikuti oleh Perguruan Tinggi Islam se Jateng-DIY. Di antaranya: IAIN Purwokerto sebagai tuan rumah, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Salatiga, IAIN Kudus, IAIN Pekalongan, dan IAIN Surakarta. Dengan menggandeng Link Aja Syariah, kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk upaya melek keuangan digital syariah di tengah pandemi covid-19 yang hingga kini belum usai.

Selain itu, pertemuan yang tetap diadakan dengan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat merupakan bentuk usaha dalam memberikan kontribusi pemikiran mahasiswa FEBI.

“Selain ajang silaturahmi, Rakerwil dan JES ini merupakan ajang sumbangsih mahasiswa FEBI dalam pemikirannya untuk mencanangkan program kerja yang akan dilaksanakan Fornasmebi itu sendiri,” tutur Iqbal Rozaqi selaku Koordinator Wilayah III Fornasmebi Jateng-DIY.

Adanya JES ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan bakat mahasiswa FEBI dan peserta Rakerwil III tahun 2021 ini.

Jamal Abdul Aziz selaku Dekan FEBI IAIN Purwokerto mengapresiasi kegiatan tersebut yang melibatkan perwakilan mahasiswa FEBI se wilayah III itu.

“Fornasmebi ini telah menerbitkan dua buku yang dapat mengasah keterampilan intelektual dalam bentuk tulisan. Selain itu, dapat dijadikan pengasahan bakat dan minat pula,” ungkapnya.

Jamal Abdul Aziz juga menambahi bahwa besar harapannya kepada Fornasmebi untuk dapat berkolaborasi dengan Link Aja Syariah.

“Link Aja Syariah ini akan terus berkembang dikarenakan digitalisasi yang makin meluas. Harapannya, Fornasmebi dapat berpartner dengan Link Aja Syariah untuk kemajuan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia,” pungkasnya. [i]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*