Home / NEWS / Pemeriksaan Jentik Nyamuk, Cara Sederhana Peduli Kesehatan Masyarakat

Pemeriksaan Jentik Nyamuk, Cara Sederhana Peduli Kesehatan Masyarakat

nyamuklpminvest.com- Jumat (06/11/2020), mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler dari Rumah (KKN RdR) UIN Walisongo kelompok 52 mengadakan kegiatan Pemeriksaan Jentik Nyamuk (PJN). Upaya pendeteksian dini itu dilaksanakan di wilayah Perumahan Bank Niaga, Ngaliyan, Semarang. Kegiatan ini dilakukan melalui kunjungan ke setiap rumah dan memeriksa tempat yang memungkinkan adanya jentik nyamuk.

Pemeriksaan ini bertujuan mengurangi populasi nyamuk dan mencegah penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD). Sebenarnya, di Perumahan Bank Niaga sudah dilaksanakan PJN seminggu sekali. Hanya saja, saat musim penghujan kesadaran akan kesehatan, kebersihan, dan pengawasan terhadap bibit nyamuk perlu ditingkatkan.

Izul, masyarakat setempat mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk ini perlu ditingkatkan frekuensinya. Terlebih di musim penghujan, nyamuk suka berkembang biak di genangan air.

“Kegiatan PJN memang baik dilakukan secara rutin, apalagi dimusim penghujan ini. Namun, edukasi bagi masyarakat juga penting dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan agar terbebas dari jentik nyamuk,” terangnya.

Koordinator kelompok 52, Aulia Rizal mengatakan, selain memeriksa genangan air dan kebersihan, juga memberikan obat pemberantas nyamuk saat masih fase larva (abate).

“Ini cara sederhana kita peduli kesehatan. Dalam kegiatan kami kali ini, selain memeriksa genangan air dan kebersihannya, kami juga memberikan abate guna menghentikan penyebaran jentik-jentik nyamuk,” ujar mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Walisongo itu.

Kemudian, Rizal, juga menambahkan bahwa kegiatan pemberantasan jentik-jentik ini  dilakukan secara berkala.

“Selama KKN dan harapannya setelah kegiatan ini, akan terus menjadi tradisi, agar lingkungan sekitar menjadi bersih dan tehindar dari berbagai penyakit. Minimal pemeriksaan  kami lakukan dalam satu minggu sekali di hari Jumat,” Rizal menandasi. [i]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*