Home / STRAIGHT NEWS / Kelompok 129 KKN RdR Sosialisasi ‘Pentingnya Investasi’ kepada Anggota PKK

Kelompok 129 KKN RdR Sosialisasi ‘Pentingnya Investasi’ kepada Anggota PKK

 

sar

lpminvest.com- Pandemi Covid-19 yang sedang melanda berdampak terhadap kestabilan ekonomi dunia. Adanya pandemi yang berkepanjangan berakibat perekonomian dunia lesu. Selain sektor Makro yang terdampak cukup parah, sektor Mikro juga mengalami goncangan yang dahsyat. Adanya inflasi ditambah dengan daya beli masyarakat yang menurun menjadi salah satu dampak akibat tidak adanya pemasukan rumah tangga dan kehilangan mata pencaharian.

Ning, selaku salah satu ibu rumah tangga di Kelurahan Kemiri mengungkapkan selama pandemi dia harus pandai dalam mengelola keuangan.

“Berkurangnya pemasukan karena imbas dirumahkannya suami selaku buruh berakibat tabungan semakin menipis, jadi perlu pandai dalam mengatur keuangan rumah tangga,” ucapnya.

Berlandaskan dari persoalan tersebut, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam posko 129 KKN RDR 75 UIN Walisongo Semarang memberikan edukasi mengenai pentingnya investasi dalam tata kelola keuangan rumah tangga kepada ibu-ibu yang tegabung dalam Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Kemiri Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung.

“Adanya kegiatan ini bertujuan sebagai sarana edukasi bagi ibu rumah tangga dalam melakukan investasi guna kebutuhan di masa yang akan datang,” ungkap Sara Desmala salah satu anggota kelompok 129 Kuliah Kerja Nyata Reguler dari Rumah (KKN RdR) 75 UIN Walisongo Semarang.

Kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat setempat terkhusus warga dusun Kemiri. “Pada dasarnya ibu-ibu di kelurahan Kemiri ini masih awam mengenai investasi, jadi dengan adanya sosialisasi dari tim KKN UIN Walisongo Semarang ibu-ibu merasa lebih paham dan sadar akan pentingnya investasi dalam keuangan rumah tangga,” Hida selaku Kepala Dusun Kemiri menandasi.

Sosialisasi berlangsung pada Minggu, (1/11/2020) berbarengan dengan diadakannya pertemuan PKK Kelurahan Kemiri. Dalam kegiatan ini disampaikan beberapa materi mengenai investasi, baik devinisi investasi, manfaat investasi, tips memilih investasi dan jenis-jenis investasi yang cocok bagi rumah tangga.

“Selain itu, kami juga membagikan masker kepada peserta sosialisasi sebagai wujud partisipasi mahasiswa dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tambahnya. [i]

Biodata

Nama : Sara Desmala

NIM : 1705026127

Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Islam

jurusan : Ekonomi Islam

Kelompok KKN : 129

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*