Home / NEWS / FEBI UIN Walisongo Juarai Kompetisi ‘WeGreen Faculty Award’

FEBI UIN Walisongo Juarai Kompetisi ‘WeGreen Faculty Award’

Penyerahan piagam juara WeGreen Faculty Award kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang

Penyerahan piagam juara WeGreen Faculty Award kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang

lpminvest.com- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang menduduki peringkat pertama dalam lomba WeGreen Faculty Award yang diselenggarakan oleh UIN Walisongo Semarang. Acara penerimaan penghargaan itu dilaksanakan pada Kamis (22/10/2020). Gedung Auditorium II Kampus III UIN Walisongo Semarang menjadi saksi kehijauanan FEBI di antara tujuh fakultas lainnya.

WeGreen Faculty Award sendiri merupakan instrumen yang digunakan oleh kampus untuk mengukur pencapaian kegiatan berkelanjutan secara komprehensif di lingkungan fakultas dan pascasarjana UIN Walisongo Semarang dalam mewujudkan kampus hijau dan ramah lingkungan. Kegiatan yang dilakukan tersebut mengusung tema “Green Campus”.

Persiapan yang dilakukan FEBI untuk kompetisi Green Campus telah dipersiapkan sejak lama. Persiapam FEBI untuk Green campus bahkan telah dipersiapkan  sejak 2019 melalui workshop “Smart and Green Campus” yang diadakan di Karanganyar, pada 9 November 2019.

“FEBI sendiri sudah mempersiapkannya sejak lama. Tahun 2019, kami menggelar workshop di Karanganyar dengan tema Smart and Green Campus,” ungkap Saefullah selaku Dekan FEBI UIN Walisongo.

Dari acara tersebut Saefullah mendiskusikan mengenai smart dan green campus. Salah satunya adalah kampus yang dilihat dari sisi bagaimana dosen membuat proses pembelajaran itu menjadi mudah.

Tak hanya itu, Dekan kelahiran Pati ini juga mengungkapkan bahwa pencapaian Green Campus bukan hanya tanggung jawab  dari dosen, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama termasuk mahasiswa. Untuk mempertahankannya, perlu dukungan dan kerjasama yang baik dari semua elemen, karena banyak indikator dalam penilaian ‘Green Campus’ tersebut. Indikator-indikator itu diantaranya: energi dan perubahan iklim, indikator air, indikator transportasi, dan indikator sarana dan infrastruktur.

“Untuk masalah green campus ini bukan hanya tugas yang harus dilaksanakan bapak dan ibu dosen saja, namun tanggung jawab kita bersama termasuk mahasiswa,” imbuhnya.

Sedangkan dari kaca mata Wakil Dekan 3 FEBI, Saekhu mengatakan, strategi yang dilakukan untuk mempertahankan predikat green campus memberikan pemahaman bahwasannya sebagai lembaga pendidikan hubungan yang paling dasar adalah dengan lingkungan.

“Lingkungan sangat penting untuk kegiatan pendidikan, jika lingkungan nyaman, maka kegiatan pembelajaran akan semakin asik dan kondusif,” ungkap Saekhu.

Perwakilan mahasiswa FEBI, Hanny Nur Safitri, merasa bangga kepada fakultasnya karena dapat meraih predikat pertama dalam lomba WeGreen Faculty Award yang diadakan oleh UIN Walisongo Semarang. Diharapkan FEBI akan semakin maju kedepannya dan mahasiswa lebih menjaga lingkungan kampus.

“Semoga peraihan juara pertama oleh FEBI menjadi semangat mahasiswa untuk lebih menjaga lingkungan fakultas dan kampus tercinta ini. Supaya Green Campus tetap tersemat dalam diri,” tuturnya. Hanna_[i]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*