Home / ARTIKEL / BANGKIT DARI PANDEMI, ATUR KEUANGANMU AGAR DOMPET TETAP AMAN

BANGKIT DARI PANDEMI, ATUR KEUANGANMU AGAR DOMPET TETAP AMAN

ilustrasi-uang-rupiah-pecahan-kertas

Oleh: Nanda Rizka Amalia Prodi Akuntansi Syariah Kelompok KKN RdR 91

Selain kesehatan tubuh, kesehatan keuangan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan di tengah wabah covid-19 seperti sekarang ini. Kehadiran wabah tersebut bukan hanya memaksa masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh serta menerapkan gaya hidup sehat, tetapi kesehatan keuangan juga perlu dijaga dengan baik.

Pandemi covid-19 menimbulkan masalah baru bagi sebagian masyarakat karena menurunnya beberapa sektor perusahaan. Banyak pekerja yang terpaksa diberhentikan, untuk memangkas pengeluaran perusahan yang terombang-ambing di tengah pandemi. Tidak sedikit karyawan yang terpaksa dirumahkan tanpa dibayar, karena perusahaan yang sudah terlanjur bangkrut.  Hal ini berimbas pada hilangnya sumber pemasukan dan masyarakat dituntut untuk mengatur keuangan sebaik mungkin. Situasi pandemi covid-19 ini sangat penuh ketidakpastian, maka dari itu kita perlu memprioritaskan pengaturan keuangan. Berikut lima tips agar dompetmu tetap aman:

Pertama, hindari membeli makanan berlebihan. Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjaga dompetmu tetap aman adalah dengan menghindari menimbun barang secara berlebihan. Membeli barang secara berlebihan dan menimbunnya tentu akan mempengaruhi keuangan anda. Hal ini akan membuat anda akan focus pada kebutuhan sehari-hari saja. Padahal,masih banyak keperluan lainnya yang perlu diutamakan. Maka dari itu penuhi kebutuhan seperlunya saja.

Kedua, mengurangi pembelian barang yang tidak perlu. Mungkin sebelum adanya pandemic,anda sering kali membelanjakan uang anda hanya untuk keperluan yang sepele,padahal barang tersebut tidak terlalu penting. Hal ini akan membuat keuangan anda semakin kacau. Untuk saat ini cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Dan mulai simpan uangmu untuk kebuthunan yang lebih penting.

Ketiga, hindari kartu kreditmu. Kartu kredit sangat tidak disarnakan digunakan saat situasi mendesak seperti sekarang ini, hindari penggunaanya,karena ketidakpastian pandemic ini akan berpengaruh pada keuangan anda. Belum lagi pada tingginya bunga yang diberikan oleh bank. Hal ini akan membuat anda bekerja lebih keras hanya untuk membayar bunga.

Keempat, menjual dollar. Menguatnya nilai tukar dollar dan anjloknya nilai tukar rupiah di saat pandemi seperti ini dapat memberikan keuntungan. Cara ini dapat anda coba apabila anda mempunyai tabungan dalam bentuk dollar. Sangat tidak disarankan untuk membeli dollar disaat seperti ini.

Kelima, mencari pekerjaan tambahan. Ketidakpastian pandemi akan membuat keuangan anda semakin menipis. Anda dapat melakukan pekerjaan tambahan dengan tetap mematuhi aturan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja, dengan memanfaatkan kemampuan anda dengan ditambah koneksi internet. Anda dapat membuka online shop, penulis dan lain sebagainya.

Nah itulah sederet tips untuk menjaga agar pengaturan keuanganmu tetap terkendali meski ditengah wabah.Meskipun wabah ini tidak jelas kapan akan berakhir,tetap pastikan keuanganmu aman terkendali ya. Stay positive and stay home untuk memutus rantai penularannya, tentunya agar keadaan lekas membaik. Semoga sederet tips tersebut dapat membantumu mengatur keuangan.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*