Home / NEWS / Menuju Akuntan Profesional, Berikut Tips Memilih Konsentrasi Jurusan

Menuju Akuntan Profesional, Berikut Tips Memilih Konsentrasi Jurusan


Pamflet Webinar 2020

Pamflet Webinar 2020

lpminvest.com– “Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh yang signifikan bagi dunia akuntansi. Pasalnya revolusi industri 4.0   telah mengubah dunia bisnis dalam berbagai aktivitas  Bisnis seperti munculnya perusahaan baru berbasis virtual office, marketplace dan lain sebagainya,” terang Firdha Rahmiyanti dalam kesempatan menjadi salah satu narasumber di Webinar 2020 yang bertajuk Akuntan Profesional. 

Kegiatan ini berlangsung via Vcon UIN Walisongo ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang dan IKA Akuntansi Syariah. Selasa, (19/5/2020).

Seorang akuntan tidak hanya dituntut dalam penyediaan laporan keuangan, namun juga dituntut berperan aktif dalam perkembangan teknologi.

“Beberapa skill yang dapat dikuasa oleh seorang akuntan dalam Revolusi Industri 4.0  yaitu harus memiliki keterampilan seperti intellectual Skills, technical and Functional Skills, personal Skills, interpersonal and communication skills, organizational and business management skill,” tambahnya.

Firdha juga menjelaskan tujuan Webinar ini untuk menambah pemahaman terkait konsentrasi jurusan Akuntansi Syariah.

Dimana ada tiga konsentarasi jurusan Akuntansi Syariah UIN Walisongo, pertama akuntansi keuangan, akuntansi pengauditan dan akuntansi sektor public.Dalam konsentarasi akuntansi Keuangan ada beberapa konsentarasi prodi yang akan dibahas yaitu analisis portofolio dan investasi syariah, akuntansi keperilakuan, perencanaan keuangan syariah, akuntansi internasional.
Kedua,  konsentrasi akuntansi pengauditan. Konsentrasi ini mengkaji  audit internal, akuntansi forensic dan audit kecurangan, audit manajemen, dan pratikum audit internal. Ketiga, konsentarasi akuntansi sektor publik membahas tentang perencanaan pajak, keungan public, akuntansi keuangan desa, akuntansi pemerintah.

Di sisi lain, Dessy Noor Farida yang merupakan dosen akuntansi UIN walisongo mengingatkan tiga hal yang harus diperhatikan dalam memilih konsentrasi.

“Tips memilih konsentrasi Prodi Akuntansi Syariah yaitu dengan cara menayakan tiga hal pada diri sendiri, apakah konsentarsi yang dipilih sesuai dengan minat? Apakah konsentrasi ini sesuai dengan topic skripsi yang akan dikerjakan? Apakah konsentrasi yang dipilih sejalan dengan prospek karier yang kita kejar?” tegasnya.

Dessy juga mengingatkan mahasiswa untuk tidak memilih konsentrasi prodi karena ikut- ikutan teman. Aulia_[i]

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*