Home / NEWS / Ciptakan Aplikasi, Hafidh Sandang Skripsi Terbaik Universitas

Ciptakan Aplikasi, Hafidh Sandang Skripsi Terbaik Universitas

Hafidh Hidayatullah program studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Rabu, (20/11/2019).

Hafidh Hidayatullah program studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Rabu, (20/11/2019).

lpminvest.com- Ciptakan aplikasi yang bisa diakses di android, Hafidh Hidayatullah berhasil menjadi wisudawan dengan skripsi terbaik tingkat UIN Walisongo Semarang.  Predikat ini diraih oleh Hafidh Hidayatullah, wisudawan  Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dengan judul skripsi Aplikasi Android Hisab Awal Bulan Kamariyah dengan Metode Kitab Al Khulasah Al Wafiyah.

“Aplikasi yang nantinya bisa dinikmati secara offline ini sudah siap pakai, hanya saja belum sempat uploud di playstrore,” jelas Hafidh wisudawan program studi Ilmu Falak. (Rabu,  20/11/2019).

Rumitnya ketika hendak mengetahui awal bulan kamariyah, membuat Hafidh mengangkat skripsi tersebut guna mengefisiensi waktu dalam mengetahui awal bulan kamariah.

“Perpindahan metode penentuan awal bulan kamariah dari kitab klasik ke kitab empimeris dikarenakan kitab empimeris lebih akurat dibandingkan kitab klasik. Kitab empimeris mengacu pada titik nol derajat Greenwich sedangkan kitab klasik mengacu pada peta. Seperti yang kita ketahui penentuan awal bulan kamariyah perlu adanya tahapan-tahapan tertentu dan penelitian tersebut hanya dapat dilakukan oleh orang yang ahli dibidangnya. Oleh karena itu saya mengangkat skripsi tentang hal ini, guna mengefisiensi orang lain untuk mengetahui awal bulan kamariyah,” terangnya.

Dalam penyelesaian skripsi sampai bab III, Hafidh mengaku hanya memerlukan waktu satu minggu.

“Saya dapat menyelesaikan tiga bab dalam waktu satu minggu, tapi di tengah proses pengerjaan ada kendala yang mengakibatkan saya harus menunda skripsi selama dua semester,” tuturnya.

Kemudian, berkat niat dan motivasi dari orang tualah yang mampu mengantar skripsi bisa selesai dengan baik nomor satu tingkat universitas.

“Karena dorongan dari orang tua dan niat untuk membahagiakan mereka membuat saya termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsi, dan Alhamdulillah menjadi skripsi terbaik,” ungkapnya.

Hafidh berhap aplikasi yang dia buat dapat bermanfaat bagi khalayak umum.

“Semoga aplikasi ini mampu memberi manfaat untuk umat dan  agama,” pungkasnya di akhir perbincangan dengan Kru LPM Invest. (Farida, Aini_[i])

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*