Home / NEWS / Tambah Jurusan Baru, Kelas Malam Kembali Berlaku

Tambah Jurusan Baru, Kelas Malam Kembali Berlaku

WhatsApp Image 2018-07-17 at 17.05.40

lpminvest.com – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang membuka jurusan baru. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ali Murtadho, Wakil Dekan I FEBI saat ditemui kru lpminvest.com. Rabu, (17/7/2018).

“Atas dasar berubahnya status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi UIN, kami merasa perlu mengupayakan pengajuan permohonan adanya jurusan baru. Jurusan baru tersebut adalah Jurusan Manajemen. Sekarang kami sudah mendapatkan izin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi. Maka jurusan itu sudah dibuka pada penerimaan mahasiswa baru angkatan 2018 ini,” ungkap pria berkacamata itu.

Penambahan jurusan baru menyebabkan kelas malam akan diberlakukan kembali. Pasalnya, penambahan jurusan baru ini tidak diimbangi dengan penambahan ruang kelas baru. Ditambah lagi jatah ruang kelas untuk FEBI di Gedung B Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) berkurang akibat bertambahnya volume mahasiswa baru di FPK (FPK).

“Keterbatasan ruang kelas FEBI akan membuat penggunaannya semakin padat. Ditambah lagi jatah ruang kelas untuk FEBI di Gedung B akan berkurang, mengingat jumlah mahasiswa FPK semakin bertambah. Untuk mengatasi hal itu penerapan kelas malam untuk tahun ini akan diterapkan kembali. Bedanya, pemberlakuan kelas malam di tahun ini adalah kelas malam dipusatkan di Gedung A Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan B FPK. Kelas malam akan berlaku untuk semua fakultas yang ada,” pungkasnya.

Mengingat gedung perkuliahan masih minim, di tahun 2018 ini UIN Walisongo akan membangun beberapa gedung baru. Namun rencana pembangunan gedung tersebut baru akan dilaksanakan pada sepertiga tahun 2018. Untuk itu, menunggu gedung baru selesai dibangun maka terlebih dahulu diberlakukan kelas malam untuk memenuhi kelas perkuliahan mahasiswa.

Menanggapi hal tersebut, Nur Ishobatul Ilma, mahasiswi Jurusan Ekonomi Islam mengharapkan pembangunan gedung baru dapat segera diselesaikan agar kuliah malam dapat segera ditiadakan kembali.

“Tidak apa-apa selama kuliah malamnya tidak terlalu larut. Tapi kalau bisa dengan adanya penambahan jurusan baru diimbangi dengan penambahan gedung baru. Kalau kuliah di jam malam mahasiswanya sudah capek, lelah, ngantuk. Semoga gedung barunya bisa segera selesai pembangunannya, jadi kuliah malamnya gak lama-lama,” ujar mahasiswi asal Kendal. (Rizky-[i])

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*