Home / Announcement / Peringati Dies Natalis UIN Walisongo Ke-48, FEBI Gelar Festival Ekonomi Islam Perdana

Peringati Dies Natalis UIN Walisongo Ke-48, FEBI Gelar Festival Ekonomi Islam Perdana

IMG-20180405-WA0008

lpminvest.com- Dalam rangka memperingati Dies Natalis UIN Walisongo yang ke-48, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) untuk pertama kalinya akan menggelar acara Festival Ekonomi Islam (FEIS-red) pada 15 Mei 2018.

Bertajuk “Peran Ekonomi dan Keuangan Syariah dalam Sustainable Development Goals (SDGs)”, FEIS dikemas dengan multievent. Mulai dari perlombaan sampai workshop nasional dengan menggandeng mahasiswa, umum, maupun anggota Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Serangkaian acara FEIS tersebut antara lain:

Call For Papers

Masih bertajuk “Peran Ekonomi dan Keuangan Syariah dalam Sustainable Development Goals (SDGs)”, kompetisi Call for papers menyuguhkan beberapa tema, antara lain Ekonomi Syariah, Keuangan dan Bisnis Syariah, Akuntansi Syariah, dan Pendidikan Ekonomi.

Tiga artikel terbaik akan diumumkan dan menerima penghargaan pada puncak acara FEIS tanggal 15 Mei 2018. Artikel terpilih berpeluang untuk dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi nasional (Walisongo, Sawwa, Al-Ahkam, dan Dinamika Pendidikan) serta jurnal nasional non-akreditasi (Economica).

National Islamic Economic Olympiad

National Islamic Economic Olympiad (NIEO) ini sebagai ajang kompetisi antarmahasiswa akuntansi dan ekonomi di Indonesia. Tujuannya ialah untuk membantu menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten.

Pendaftaran NIEO mulai dibuka pada 9 Maret-20 April 2018. Babak penyisihan online pada 28 April 2018. Pengumuman babak penyisihan pada 30 April 2018. Lalu semi final dan final akan dilaksanakan di puncak acara FEIS, yakni 15 Mei 2018.

Seminar Nasional

Seminar nasional bertajuk “Peran Ekonomi dan Keuangan Syariah dalam Sustainable Development Goals (SDGs)” akan diselenggarakan pada 15 Mei 2018. Dengan mengundang narasumber profesional diantaranya, Wimboh Santoso, SE., M.Sc., Ph.D (Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan), Moh. Hadi Santoso (Direktur Utama BRI Syariah), Prof. Dr. Hj. Siti Mujibatun, M. Ag (Guru Besar Ekonomi Islam UIN Walisongo Semarang), dan Drs. M. Yusuf Wibisana, M.Ec., Ak., CPA (Ketua Kompartemen Akuntansi Syariah).

Sasaran peserta seminar nasional ini adalah Perguruan Tinggi Jawa Tengah, FEBI seluruh Indonesia, Kantor Akuntan Publik, Praktisi Keuangan, dan Mahasiswa Pascasarjana.

Workshop PSAK Syariah

Workshop PSAK Syariah ini diselenggarakan guna membahas isu-isu terkini mengenai perkembangan akuntansi di Indonesia. Dengan menggandeng IAI, Program Studi Akuntansi Syariah FEBI UIN Walisongo akan menggelar workshop ini pada 15 Mei 2018 seusai acara Seminar Ekonomi Islam Nasional.

Seluruh peserta akan mendapatkan delapan SKP IAI dan berkesempatan berbincang bersama Drs. M. Yusuf Wibisana, M.Ec., Ak., CPA (Ketua Dewan Standar Akuntansi Syariah IAI) dalam workshop tersebut.

Keempat event besar di atas merupakan serangkaian acara FEIS yang puncaknya akan diselenggarakan pada 15 Mei 2018, mulai pukul 07.00-16.00 WIB. Bertempat di Auditorium 2 Kampus III UIN Walisongo Semarang. Sedangkan festival fee untuk mahasiswa Rp 50.000, peserta olimpiade Rp 150.000/tim, dan anggota IAI Rp 300.000.

Informasi selengkapnya bisa diakses melalui website resmi FEIS di www.feis.walisongo.ac.id.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*