Home / NEWS / Budi Setyo Purnomo: “Ada Tujuh Dosa Media yang Perlu Diperhatikan”

Budi Setyo Purnomo: “Ada Tujuh Dosa Media yang Perlu Diperhatikan”

 

Tampak mahasiswa sedang antri memasuki Auditorium 2 kampus III UIN Walisongo. Semarang Senin,(09/04/2018)

Tampak mahasiswa sedang antri memasuki Auditorium 2 kampus III UIN Walisongo. Semarang Senin,(09/04/2018)

lpminvest.com– Antrean panjang nampak di halaman auditorium 2 kampus 3 UIN Walisongo Semarang. Pasalnya, para mahasiswa antusias mengikuti acara Seminar dan Pameran Seni Rupa yang dipersembahkan oleh Kantor Penyiaran Islam Daerah (KPID) dan Rumah Rupa Walisongo.  Senin, (9/4/2018).

Seminar dan Pameran Seni Rupa tersebut dihadiri oleh Mahasiswa UIN Walisongo dari berbagai jurusan. Acara yang bertajuk “Literasi Media” ini berlangsung kurang lebih tiga jam dengan menghadirkan Budi Setyo Purnomo (KPID Jawa Tengah) dan Abdullah Ibnu Thalhah (Dosen Pendidikan Seni UIN Walisongo) sebagai pembicara.

Budi Setyo Purnomo mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya acara tersebut untuk menumbuhkan kesadaran agar bijak dalam menggunakan media sosial. Mengingat kian marak penyimpangan yang terjadi akibat tidak bijak dalam menggunakan media.

Pria berkacamata itu juga menghimbau kepada mahasiswa untuk bijak dalam penggunaan media, kususnya untuk menyaring terlebih dahulu berita dan tidak secara mentah dalam menerimanya.

“Mengapa perlu diperhatikan, karena banyak hal yang bisa terjadi dengan adanya media. Ada tujuh dosa media yaitu, distorsi informasi, dramatisasi fakta palsu, menganggu privasi, pembunuhan karakter, eksploitasi seks, meracuni benak pikiran anak-anak, dan penyalahgunaan kekuasaan sehingga perlu adanya pengawasan,” paparnya.

Senada dengan Budi, Abdullah Ibnu Thalhah dalam sambutannya pun menghimbau untuk bijak menggunakan media.

“Itu sebabnya kenapa akhirnya kita harus mempunyai sifat analisis, kritis, dan selektif dalam bermedia,” tandas dosen seni rupa itu.

Salah satu mahasiswi prodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) mengaku senang dengan acara Seminar dan Pameran Seni Rupa ini.

“Acara ini sangat bagus, apalagi baru kali ini saya mengikuti seminar dan di suguhi dengan lukisan-lukisan. Semoga tahun berikutnya diadakan lagi dengan seni yang lebih banyak lagi,” tutur mahasiswi prodi BPI saat ditemui kru lpminvest.com usai acara. (Dyah-[i])

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*