Home / NEWS / Kesadaran Mahasiswa Tertib Parkir Minim

Kesadaran Mahasiswa Tertib Parkir Minim

Tampak beberapa mahasiswi tengah memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan samping Gedung L Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Tampak beberapa mahasiswi tengah memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan samping Gedung L Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

lpminvest.com– Pelarangan parkir sepeda motor di sepanjang jalan samping Gedung L Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) kurang diindahkan oleh mahasiswa. Hal tersebut menunjukkan masih minimnya kesadaran mahasiswa dalam mematuhi peraturan untuk tertib parkir.

“Itu kan sudah jelas, sudah ada papan pelarangannya. Kalau pinggir-pinggir jalannya penuh motor, saya mau buang sampah kan repot tho. Belum lagi kalau misal ada sepeda motor bagus, masih baru, kesenggol gerobak saya, kan eman-eman,” ungkap Sarmijo, salah satu petugas kebersihan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Kamis, (26/10/2017).

Senada dengan Sarmijo, Alfiyati juga mengungkapkan keluhannya terkait jalan yang sempit akibat parkir sepeda motor tak teratur.

Lha wong kanan kiri saya sepeda motor semua. Jalan yang tengah jadi sempit. Kalau papasan dengan pejalan kaki dan pengendara sepeda motor ya mepet banget,” keluh mahasiswi jurusan Ekonomi Islam tersebut.

Sedangkan Eva Arnas, mahasiswi yang menggunakan sepeda motor saat ke kampus menyesalkan karena pelarangan parkir tidak diimbangi dengan ketersediaan tempat parkir yang memadai.

“Solusinya itu lho. Kalau ditempatkan di sini (lahan kosong depan gedung L), harusnya ya di paving. Biar kalau hujan tidak becek. Kalau bisa ya dikasih atap juga, biar helmnya nanti gak basah kalau hujan. Pernah ya saya itu kejeglong. Terus juga pernah karena helmnya basah, jadi pusing kepala saya,” terang mahasiswi asal Ngawi tersebut.

Terkait pengalihan tempat parkir di depan Gedung L, Nasruddin selaku Kasubag Administrasi dan Keuangan FEBI menjelaskan bahwa tempat parkir itu hanya bersifat sementara. Karena nantinya akan dibangun Gedung Planetarium, ia tidak menganggarkan perbaikan infrastruktur di tempat parkir depan Gedung L.

Untuk ke depannya, kata Nasruddin, akan ada proyek tambahan tempat parkir dari pihak Kampus I. Kini, salah satunya sudah dalam proses pengerjaan, yaitu di belakang Gedung H FSH.

Nasruddin mengatakan bahwa dari pihak fakultas juga terus berupaya menegakkan peraturan pelarangan parkir di samping Gedung L. Namun menurutnya, dari pihak mahasiswa seharusnya juga memiliki kemandirian, dalam artian mampu berpikir dan mengamalkan atau menjalankan peraturan yanga ada.

“Kita (pihak fakultas) sudah berupaya, tapi kalau dari mahasiswanya sendiri tidak ada upaya, tidak ada niatan baik, ya gimana.  Oleh karena itu, saya harapkan teladan yang baik dari mahasiswa maupun dosen,” tandas pria berkacamata tersebut. (Amimah-[i])

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*