Home / NEWS / Banyak Siswa Belum Siap UN Online

Banyak Siswa Belum Siap UN Online

lpminvest.com– Ujian Nasional (UN) mulai dilaksanakan serentak pada hari Senin 13 April 2015. Ujian yang akan berlangsung selama tiga hari kedepan diikuti seluruh siswa menengah umum . Salah satunya SMAN 8 Semarang. Kabar yang berhembus dilaksanakannya ujian secara online kurang diterima SMAN 8 khususnya para siswa-siswi. Senin, (13/04/2015)

Ketidaksiapan dalam menghadapi Ujian online dikarenakan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Jumlah siswa yang mencapai 292 siswa kurang  mendukung  dengan infrastruktur yang ada.

Humas SMAN 8 Semarang, Poniman Slamet, menjelaskan, ujian online sebenarnya mengganggu psikis siswa. Hal tersebut akan dialami mereka yang kurang menguasai teknologi.

“Ujian online perlu kesiapan mental yang matang, bukan karena ketidaksiapan materi ujian, melainkan sarana dan sosialisasi yang belum memadai.” ujarnya kepada kru invest.

Persiapan dalam menghadapi ujian kali ini sudah dipersiapkan semenjak enam bulan terakhir. Dengan mendatangkan motivator dari luar, pihak sekolah berharap dapat memicu semangat belajar siswa SMAN 8. Siswa juga dibekali les privat mulai jam 6 pagi hingga siang. Tetapi ujian online yang berhembus belum bisa diterapkan disekolah ini.

“Sebenarnya ketidaksiapan dalam ujian bukan berasal dari siswa-siswi kami, melainkan sarana yang akan dipakai. Mereka lebih siap secara mental menghadapi ujian secara manual, karena dianggapnya lebih leluasa.” tambahnya.

Salah satu siswa SMAN 8 mengungkapkan bahwa, lebih senang dan siap ujian nasional dilaksanakan manual seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan konsentrasi akan lebih terfokus dan lebih leluasa menghadapi soal.

“Saya lebih yakin ujian manual, karena akan lebih mudah mencerna soal dan lebih fokus” ujar Sari salah satu siswi SMAN 8 jurusan IPA ketika diwawancarai. (Rahma/Libna_Invest).

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*