Home / NEWS / Sukses Muda, Harapan Setiap Pemuda

Sukses Muda, Harapan Setiap Pemuda

IDENTITAS BUKU

Judul Buku      : Kaya Sejak Mahasiswa

Penulis             : Yanuar Arifin

Penerbit           : Buku Biru

Cetakan           : Pertama

Tahun              : 2010

Kota Terbit      : Jogjakarta

Tebal               : 169 Halaman

Resensor          : Iswatun Ulia, semester I Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

“Kesuksesan bukanlah kunci dari kebahagiaan. Sebaliknya, kebahagiaan adalah kunci dari kesuksesan. Apabila kamu menyukai sesuatu yang kamu lakukan, dan kamu merasa bahagia melakukannya, maka kamu pasti sukses.” (Herman Cain, hal. 153)

Kesuksesan merupakan tujuan banyak orang. Setiap manusia memiliki potensi untuk menjadi manusia hebat dan sukses. Sukses di usia muda merupakan hal yang mungkin bagi mahasiswa yang dapat memanfaatkan bakat dan potensi secara maksimal. Menuju kesuksesan, mahasiswa tidak hanya dengan berdiam diri tanpa adanya usaha yang dilakukan. Sukses berbisnis saat menjadi mahasiswa bukan hanya ter-fokus pada bisnis yang dilakukan, melainkan dengan tetap menyeimbangkan antara kuliah dengan bisnis.

Buku ini memuat profil kehidupan pebisnis-pebisnis muda yang meraih sukses pada saat menjadi mahasiswa. Seperti Mark Zuckerberg, pencipta facebook yang fenomenal, Bill Gates pendiri Microsoft, serta Chaerul Tanjung pebisnis mutimedia. Untuk menjadi seorang yang sukses bukanlah hanya bagi mereka yang berasal dari keluarga mampu, melainkan bagi mereka yang mau berusaha dengan memanfaatkan potensi diri untuk melakukan inovasi dan kreatifitas .

Usia  muda merupakan usia yang produktif dalam menghasilkan karya-karya terbaik.  Dengan merubah karakter diri menjadi lebih kuat, tangguh, tidak minder, mudah bergaul merupakan salah satu cara untuk meraih kesuksesan. Karena kesuksesan bermula dari pikiran setiap individu. Selain itu sugesti pada diri sendiri dapat menjadi doktrin atas apa yang akan terjadi selanjutnya. Dengan membantu orang lain, akan menjadi kunci pembuka gerbang kesuksesan. Izin baik seseorang untuk menolong orang lain, yang disertai dengan perjuangan dan ketekunan dalam mengerjakan sesuatu, akan mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih bermakna. (hlm. 23).

Kesuksesan setiap orang tentu tidak terlepas dari peran orang tua, karena orang tua merupakan hal yang dapat mempengaruhi kepribadian setiap individu. Kemandirian dan prinsip juga menjadi nomor satu yang harus selalu ditanamkan dalam diri. Seperti yang dikatakan Elang Gumilang, bahwa sebuah impian jika disertai dengan keyakinan dan kerja keras serta komitmen yang tinggi akan menghantarkan seseorang pada kesuksesan. Butuh proses dan kesabaran untuk meraih semuanya, karena tidak ada sesuatu yang didapatkan secara instan.

Kesuksesan yang diraih tokoh dalam buku kaya sejak mahasiswa ini berawal dari kebiasaan mereka yang gemar bermain tekhnologi, dan berawal dari sebuah hobi kuliner yang akhirnya dijadikan sebuah bisnis. Dalam mengelola bisnis, tidak-lah terlalu diperlukan orang yang cerdas, seperti yang dialami Hendy setiono, pengusaha kebab Turki. Dia mengungkapkan bahwa untuk menjadi seorang yang sukses tidak harus memiliki gelar akademi dan Indeks Prestasi (IP) tinggi, melainkan ketekunan dan kegigihan dalam memperjuangkan hidup. (hlm. 81).

Untuk menjadi seorang yang  sukses, harus memiliki tekad yang kuat dan keberanian untuk mencoba dan belajar, guna mendapatkan pengalaman berharga dalam hidup. Dalam berbisnis di masa kuliah, kemiskinan bukanlah penghalang bagi seseorang untuk dapat mewujudkan mimpi. Justru kemiskinan seharusnya menjadi energi yang besar untuk memperbaiki kehidupan sekaligus meningkatkan kualitas hidup. (hlm. 90).

Buku ini sangat cocok bagi para pemuda khususnya mahasiswa yang ingin sukses dalam usia muda, karena didalamnya terdapat kisah-kisah dari para pebisnis yang sukses pada saat kuliah. Dengan buku ini, pembaca dapat mengerti kisah para tokoh, di mulai dari awal sebagai manusia biasa hingga akhirnya menjadi manusia luar biasa karena dapat meraih sukses dalam kehidupannya di usia muda.

(Invest_Iswatun Ulia).

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*