Home / ARTIKEL / Kesiapan Ekonomi Kreatif Menyongsong MEA

Kesiapan Ekonomi Kreatif Menyongsong MEA

Negara kita butuh keajaiban dalam rangka menyiapkan MEA (Masyarkat Ekonomi ASEAN), yang mau tidak mau, siap tidak siap harus dilAksanakan 2015. Pemerintah dalam hal ini kementrian yang terkait selalu mengumbar ke-optimisan mereka dalam menyongsong MEA, Perangkat dari berbagai kementrian sudah di siapkan jauh-jauh hari untuk menjalankan MEA pada 2015.

Kebijakan-kebijkan ekspor-Impor, isu redenominasi dan berbagai kebijakan kaitanya dengan perdagangan dan perekonomian penting di laksanakan. Tidak menutup kemungkinan masuknya sektor ekonomi kratif dalam mengikuti MEA, sektor ekonomi kreatif sangat menjalar akhir-akhir ini, berbagai macam produk di hasilakan dari sektor ini, akan lebih baik juga ketika pemerintah mau ikut campur dalam perkembangan ekonomi kreatif di indonesia.

Kalau kita boleh belajar dari china sebenarnya mereka sangat mendorong masyarakat dalam mengupayakan perkembangan pada ekonomi kreatif dan kita lihat sekarang, china begitu merajalela dengan produknya yang ada dimana-mana, yang bisa di bilang kita juga bisa memprosuksi itu, tapi pada kenyataanya kita tidak bisa melaksanaka itu. Selain china ada lagi japan yang juga sangat masif dalam pengembangan ekonomi kreatif, yang kurang lebih punya model sama dengan china dalam perkembanganya.

Selanjutnya, indonesia harus mulai sadar ketika tidak dapat mengharap banyak dari pada sektor ekonomi modern akhirnya kita harus memberi waktu untuk perkembangan sektor ekonomi kreatif, karena justru sektor inilah yang sangat bisa di harapkan, produk-produk olahan tangan yang minimalis, juga produk-produk asli budaya sendiri juga sangat bisa di harpakan untuk menguasai pasar di dunia, paling tidak bisa memberi pilihan pada agenda besar MEA 2015.

Dan paling elegan ketika sektor ekonomi kreatif menjadi bagian inti dari MEA yang di siapkan pemerintah indonesia, karena kebijakan perdaganganakan yang begitu terbuka untuk perkembangan ekonomi kreatif.

Lebih dari pada itu, masyarakat indonesia, khususnya pemuda-pemudinya sekarang masuk dalam perlombaaan kreatifitas usaha, keadaan ini penting dalam mendorong wirausaha di kalangan remaja atau pemuda, yang apaling tidak dapat mensibukan diri untuk tidak belaku onar di masyarakat juga punya andil dalam perkembangan ekonomi kreatif di indonesia.

Karena remaja dan pemuda itu paling punya peluang sukses dalam urusan-urusan kretifitas usaha, dan ekonomi kreatif sangat di geluti remaja dan pemuda itu dalam  memberi andil pada perkembangan ekonomi di indonesia. Kita lihat saja berbagai proposal usaha yang menang dan memperoleh dana pembinaan yang sangat bagus dan jarang di pikirkan oleh masyarakat luas. Maidset seperti itulah yang harus kita bangun kepada remaja dan pemuda agar dapat menciptkan lapangan kerja baru untuk tidak bergantung pada lapangan kerja yang di siapkan oleh pemerintah.

Berbagai kebijakan ekonomi indonesia harus lebih realistis mana yang akan menjadi produk ekonomi dari indonesia yang bisa mempengaruhi pasar internasional dan sekarang waktunya ekonomi kreatif harus masuk pada jalan tol yang siapkan dengan matang sebagai produk unggulan masyarkat indonesia.

Ekonomi kreatif kalau kita meruntun kebelakang sebenarnya sama dan di restui oleh undang-undang dalam hal ini pancasila, pancasila mengajarkan ekonomi kerakyatan. Dan sekarang bisa kita lihat unsur yangb terkandung kalau ekonomi kerakyatan ada pada ekonomi kreatif. Oleh sebab itu kita dorong besama-sama ekonomi kreatif di indonesia dalam perkembangannya, tidak Cuma perkembnagannya tetapi kita juga harus ikut andil dalam berbagai produk dan produksi pada ekonomi kreatif tersebut.

Banyak manfaat kalau remaja dan pemuda akan berusaha menciptkan proses wirausahanya masing-masing di samping juga bisa menambah pendewasaan dalam bernegara juga dapat membantu masyarakat luas dalam mendorong dan mewajibkan mereka untuk punya usaha.

*Ahmad Lutfi Hasan_Mahasiswa IAIN Walisongo Semester 7

About lpminvest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*